3 Penyebab evaporator AC mobil beku yang perlu kamu ketahui

Saat ini komponen AC menjadi hal yang sangat penting ada pada setiap kendaraan roda 4 atau lebih. Umumnya digunakan untuk menjaga sirkulasi udara pada kabin agar tidak panas sehingga pengendara ataupun penumpang yang ada di dalam tetap merasa nyaman.

Selain itu AC juga berguna untuk menjaga sirkulasi udara pada kabin agar tetap bersih dan sehat, pada saat musim hujan AC menjadi komponen yang sangat berguna untuk menetralisir embun kaca yang mengganggu pandanganmu saat berkendara.

Nah, dibalik fungsi AC Mobil yang begitu penting sama halnya dengan komponen mobil yang lain, AC juga kerap mengalami permasalahan yang dapat mengganggu kenyamanan pengendara. Kondisi ini biasanya terjadi karena dua faktor. 

Faktor pertama karena memang usia pemakaian komponen sudah terbilang tua, jadi mengalami penurunan fungsi atau kinerja sehingga perlu dilakukan penggantian unit baru, yang kedua karena kesalahan pemilik mobil itu sendiri.

Misal, jarang melakukan perawatan berkala sehingga banyak kotoran yang menumpuk pada beberapa komponen yang mengakibatkan kerusakan. Salah satu permasalahan AC Mobil yang kerap dirasakan pemilik mobil adalah evaporator beku. Berikut akan dijelaskan apa saja ciri-ciri evaporator beku.

Ciri-Ciri Evaporator AC Mobil Beku

Evaporator beku bisa diketahui dengan memperhatikan suara dari AC Mobil itu sendiri apakah suara yang dihasilkan AC seimbang dengan hembusan angin yang dikeluarkan. Jika blower AC mengeluarkan suara yang kencang namun angin yang dihasilkan tidak banyak itu bisa jadi evaporator AC Mobil sedang beku.

Selain itu, evaporator beku juga ditandai dengan suhu AC yang kurang dingin. Kondisi ini terjadi karena banyak bagian evaporator yang tertutup es sehingga mengganggu kinerja evaporator itu sendiri, jadi bukan hanya debu dan kotoran saja yang mengganggu kinerja Evaporator.

Penyebab Evaporator AC Mobil Beku

Nah, setelah kamu mengetahui tanda-tanda Evaporator AC Mobil beku lalu apasih penyebab kenapa komponen tersebut bisa tertutup es? Berikut penjelasannya;

Evaporator Kotor

Tidak bisa dipungkiri jika kotoran yang menumpuk menjadi penyebab utama kenapa evaporator beku. Kondisi ini terjadi ketika freon yang disalurkan ke dalam evaporator tersumbat akibat banyak kotoran. Sehingga proses penyerapan suhu panas menjadi terhambat yang menyebabkan freon tersalurkan ke beberapa bagian evaporator, tentu saja suhu freon yang sudah dingin dapat menyebabkan evaporator beku.

Saluran Freon AC Mobil Bocor

Seperti yang kamu ketahui, suhu dingin yang dihasilkan oleh AC terbentuk dari freon yang sudah melewati beberapa tahap proses. Evaporator sendiri selain berfungsi untuk menyaring udara agar tetap bersih, komponen ini juga bertugas untuk menyalurkan udara dingin ke seluruh kabin.

 Nah, ketika ada saluran freon yang bocor maka akan terjadi oksidasi, dimana suhu dingin yang seharusnya disalurkan ke kabin mobil jadi terhambat di evaporator, tentu kondisi ini jika dibiarkan terlalu lama akan membuat sisi evaporator jadi beku.

Gangguan Pada Kompresor

Kompresor sendiri merupakan jantungnya AC Mobil, yang berfungsi untuk memompa freon ke dalam evaporator. Jika kompresor AC Mobil terganggu atau rusak tentu saja freon tidak bisa diteruskan ke dalam evaporator, sehingga menyebabkan suhu dingin jadi terhambat yang mengakibatkan pembekuan.

Evaporator beku seperti yang disebutkan tadi, dapat menyebabkan suhu yang dihasilkan AC kurang dingin, tentu kondisi ini sangat mengganggu kamu saat berkendara, lalu bagaimana solusinya agar Evaporator AC Mobil tidak beku?

Cara Mengatasi Evaporator AC Mobil Beku

Jika Evaporator AC Mobil kamu beku, hal pertama yang harus dilakukan untuk mencegah kerusakan semakin parah adalah dengan menaikkan suhu lebih tinggi. Hal ini bertujuan untuk membantu mencairkan evaporator yang beku. 

Kemudian jika cara tersebut tidak berhasil alias evaporator AC Mobil masih beku,  segera lakukan pengecekan ke bengkel AC Mobil, untuk membersihkan beberapa komponen yang kotor atau mengganti komponen yang sudah tidak terpakai.

Tips buat kamu agar evaporator tidak mudah kotor adalah dengan rutin melakukan perawatan AC Mobil, kemudian hindari membuka kaca mobil ketika kondisi AC lagi on karena dapat mengundang banyak debu dan kotoran masuk kedalam sistem AC.

Terakhir pastikan jalan yang kamu lintasi bebas dari genangan air atau lumpur, selain dapat membuat komponen kaki-kaki kotor, beberapa komponen AC seperti kondensor juga rentan terkena kotoran yang menyebabkan suhu AC jadi tidak dingin.

Nah, itulah beberapa penyebab evaporator AC Mobil jadi beku dan cara mengatasinya. Oh iya buat kamu yang membutuhkan perawatan AC Mobil dengan layanan dan hasil yang maksimal, kamu bisa konsultasikan dengan Dhika Autocare, solusi terbaik untuk semua kebutuhan AC Mobil kesayangan kamu.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?