4 Penyebab Air Radiator Mobil Bisa Bocor-Dhika Autocare

4 Penyebab Air Radiator Mobil Bisa Bocor

Taukah kamu, radiator adalah salah satu bagian mobil yang vital sehingga perlu dilakukan perawatan yang baik dan rutin agar tidak terjadi masalah seperti kebocoran air radiator.

Sebagai pengguna mobil kamu perlu tau apa saja penyebab terjadinya kebocoran air radiator. Sebab radiator bertanggung jawab untuk mendinginkan mesin dan menjaga agar tetap berjalan pada suhu yang tepat. Jika radiator tidak dirawat dengan baik,                                                    dikhawatirkan dapat menimbulkan resiko panas berlebihan dan menimbulkan kerusakan mesin. Yuk ketahui penyebabnya agar kamu bisa lebih berhati hati.

Usia Radiator

Usia radiator bisa menjadi penyebab pertama yang membuatnya menjadi bocor. Hal ini dikarenakan komponen mobil memiliki jangka waktu penggunaan. Biasanya radiator cukup lama jangka waktu pakainya. Bahkan kalau rajin dirawat bisa sampai 10 tahun.

Radiator yang terkikis bisa mengalami keretakan atau kebocoran. Jika kamu mobil kamu mengalami hal seperti ini, segera bawalah ke bengkel terpercaya. Jika memang perlu diganti, sebaiknya segera diganti agar kerusakan tidak semakin buruk.

Saluran Tersumbat

Penyebab berikutnya saluran yang tersumbat. Debu dan kotoran yang menumpuk dapat menyumbat saluran radiator mobil sehingga menjadi penyebab radiator mobil bocor. Bahkan kondisi ini bisa memicu kepala radiator pecah, air merembes ke komponen lain, dan bahkan radiator bisa meledak.

Untuk menghindari hal ini, kamu perlu mengecek radiator secara rutin atau setiap kali jarak tempuh mobil mencapai 40.000 km. Biasanya, pada jarak ini air radiator mulai penuh.


Kualitas Air Radiator Jelek

Penyebab lain usia radiator menjadi singkat adalah karena air radiator atau water coolant memiliki kualitas yang jelek. Ini juga dapat membuat komponen didalamnya menjadi cepat rusak.  Jadi jeleknya kualitas water coolant dapat menjadi penyebab radiator bocor. Sedangkan water coolant pada radiator ini sendiri memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu mesin tetap dingin sehingga tidak cepat panas saat mobil melaju.

Komponen Karet dan Plastik yang Getas

Terakhir, karet-karet yang mulai getas karena panas. Kondisi ini sebenarnya tidak mengherankan mengingat letak radiator mobil yang berdekatan dengan mesin. Selang radiator yang terbuat dari karet biasanya ikut getas karena terus menerus berada di area yang panas. Begitu juga dengan tabung reservoir yang terbuat dari plastik.

Dari 4 penyebab diatas, mana yang pernah terjadi pada mobil kamu? Jangan lupa untuk selalu melakukan service berkala radiator ke bengkel terbaik Dhika Autocare. Mobilmu akan ditangani oleh mekanik yang profesional dan menggunakan peralatan yang modern. Yuk booking sekarang!

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?