5 Penyebab AC Mobil bau gosong dan cara mengatasinya!

Selain tidak dingin, AC Mobil juga memiliki permasalahan lain yang sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara, salah satunya muncul bau gosong saat AC dinyalakan. Bau gosong ini tentu membuat panik pengendara karena curiga ada yang terbakar didalam interior maupun mesin mobil.

Tapi jangan khawatir, jika bau gosong yang keluar bersamaan dengan suhu AC artinya sumber bau tidak berasal dari mesin yang terbakar tapi karena ada gangguan di dalam sistem AC. Namun, walaupun begitu kamu tetap perlu waspada agar tidak sampai merusak sistem AC.

Nah, untuk info lebih lengkapnya berikut akan dijelaskan penyebab AC Mobil bau gosong dan bagaimana cara mengatasinya, buat kamu yang pernah mengalami kondisi seperti ini simak baik-baik artikel ini agar tidak ketinggalan informasi.

Penyebab AC Mobil Bau Gosong

Korsleting di Dalam Sistem AC

Layaknya seperti fitur mobil yang lain, AC juga memerlukan sistem kelistrikan untuk membantu proses pendinginan udara yang akan disalurkan ke seluruh kabin mobil. Tanpa adanya sistem kelistrikan, AC Mobil tidak akan bisa bisa menghasilkan suhu dingin atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Namun, jika sistem kelistrikan AC Mobil kamu mengalami korsleting selain mengganggu kinerja AC, ternyata dapat menimbulkan bau gosong saat AC dinyalakan. Kondisi ini terjadi karena perakitan kabel mengalami kesalahan atau gangguan yang menyebabkan bau gosong terbawa saat AC menghembuskan udara.

Kualitas Oli Kompresor Turun

Kompresor berfungsi untuk memompa aliran gas freon agar bersirkulasi ke seluruh sistem AC Mobil.  Oli kompresor sangat dibutuhkan saat AC Mobil bekerja. Oli berfungsi untuk mencegah kompresor agar tidak overheat saat berputar dalam jangka waktu yang lama. Juga menjaga komponen tidak aus ketika terjadi gesekan di dalam kompresor.

Pemakaian pelumas kompresor yang sudah terlalu lama dapat menurunkan kualitas dari pelumas itu sendiri, sehingga menyebabkan kompresor cepat panas dan menimbulkan aroma gosong saat AC dinyalakan.

Terlalu Sering Merokok di Dalam Mobil

Kebiasaan merokok di dalam mobil juga menimbulkan bau gosong saat AC dinyalakan. Hal ini terjadi karena banyak asap yang masuk ke dalam saluran AC. Lambat laun kebiasaan merokok di dalam mobil juga membuat kandungan nikotin menumpuk pada filter AC sehingga mengganggu proses pendinginan AC.

Ada banyak resiko yang bisa terjadi jika terlalu sering merokok didalam mobil, seperti menimbulkan bau apek dan gosong yang sangat mengganggu kenyamanan kamu saat berkendara. Selain itu, asap rokok juga menyebabkan komponen AC cepat rusak.

Evaporator AC kotor 

Evaporator merupakan komponen yang sangat penting untuk proses pendinginan udara yang dihasilkan oleh AC. Jika komponen ini kotor atau rusak maka dapat mempengaruhi suhu yang dikeluarkan oleh AC. Nah, selain menyebabkan AC tidak dingin, kotoran yang menumpuk pada evaporator juga menjadi penyebab bau gosong di dalam kabin mobil.

Kondisi ini dipengaruhi lantaran kotoran yang ada pada evaporator tersebut sudah mengeluarkan lendir. Perlahan lendir tersebut akan mengering karena suhu evaporator yang panas, sehingga pada saat AC dinyalakan udara yang dikeluarkan akan bercampur dengan bau gosong yang berasal dari lendir evaporator itu sendiri.

Kualitas freon menurun

Freon merupakan elemen yang sangat penting untuk kinerja AC Mobil, tanpa adanya freon maka udara yang dihasilkan AC tidak akan dingin atau hanya angin saja. Tidak seperti komponen AC Mobil yang lainnya, freon memiliki rentan pemakaian yang cukup lama.

Walaupun usia pemakaian freon cukup lama, tetap harus diganti secara berkala hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas freon itu sendiri. Nah, ketika kualitas freon turun selain menyebabkan suhu yang dikeluarkan AC tidak dingin, sifat freon yang berbentuk gas ternyata juga bisa menimbulkan bau gosong.

Nah, itulah lima penyebab kenapa udara yang dihasilkan AC Mobil kamu bau gosong. Setelah mengetahuinya kamu juga harus tahu bagaimana cara mengatasinya untuk menjaga kenyamanan saat berkendara.

Cara Mengatasi AC Mobil Bau Gosong

Ganti Oli Kompresor Mobil

Kualitas oli kompresor yang turun dapat menyebabkan gesekan di dalam kompresor jadi aus dan panas, sehingga memicu bau gosong saat AC dinyalakan. Jika kamu mencium bau gorong di dalam kompresor jangan langsung beranggapan kalau kompresor AC Mobil kamu sudah rusak.

Bisa jadi kualitas pelumas yang kamu gunakan di dalam kompresor sudah turun, sehingga tidak mampu lagi melumasi kompresor saat bekerja. Solusinya kamu bisa mengganti oli kompresor ke bengkel spesialis AC Mobil agar suhu yang dihasilkan AC Mobil tetap dingin tanpa mengeluarkan bau gosong.

Bersihkan Evaporator AC Mobil

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bau gosong saat AC menyala adalah dengan membersihkan evaporator AC Mobil. Pastikan seluruh kotoran dan lendir bersih agar nanti tidak menimbulkan bau gosong lagi saat evaporator panas.

Selain mencegah bau gosong, evaporator yang bersih juga dapat menjaga suhu yang dihasilkan AC tetap dingin dan bersih. Nah, agar proses pembersihan evaporator AC Mobil kamu memuaskan pastikan ditangani oleh bengkel spesialis AC Mobil seperti Dhika Autocare, yang sudah berpengalaman dalam menjaga kebersihan AC.

Bersihkan Kabin dan interior Mobil

Asap rokok dapat menempel ke dalam kabin dan interior mobil sehingga menimbulkan bau tidak sedap saat berada didalam mobil salah satunya bau gosong. Untuk menghilangkan bau gosong tersebut lakukan salon mobil agar seluruh kandungan rokok yang menempel pada dinding kabin maupun interior mobil bisa hilang.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan bau tidak sedap, salon mobil juga dapat menghilangkan kotoran dan baret membandel yang mengganggu tampilan mobil kamu.  

Lakukan Fogging Mobil

Selain salon mobil, fogging juga sangat efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap yang ditimbulkan oleh bakteri dan virus. Jenis perawatan yang satu ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin menghilangkan bau gosong yang disebabkan oleh asap rokok.

Tips buat kamu hentikan kebiasaan merokok di dalam mobil, karena selain tidak bagus untuk kesehatan, kandungan rokok juga dapat membuat aroma kabin jadi berbau dan mengganggu sistem kerja dari AC Mobil.

Itulah beberapa penyebab AC Mobil bau gosong dan cara mengatasinya. Buat kamu yang tidak ingin merasakan permasalah seperti ini sebaiknya perhatikan kebersihan dan kualitas komponen AC Mobil yang kamu gunakan apakah masih layak digunakan atau tidak.

Kamu bisa melakukan pengecekan ke bengkel spesialis AC Mobil pastikan seluruh komponen bekerja dengan baik untuk menjaga suhu yang dikeluarkan AC tetap fresh dan sehat sepanjang perjalanan.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?