5 Penyebab AC mobil berisik dan tips mencegahnya

AC menjadi komponen yang sangat penting untuk setiap mobil, dengan adanya AC suhu pada kabin bisa dijaga agar tidak panas sehingga kenyamanan dalam berkendara tetap terjaga dengan baik. Di balik fungsinya yang begitu vital, AC tentu membutuhkan perawatan extra agar kinerja di setiap komponen tetap optimal sehingga dapat menghasilkan udara dingin dan sehat.

Salah satu permasalahan yang masih sering dirasakan oleh pemilik mobil saat menggunakan AC adalah selain suhu yang tidak dingin, AC kerap mengeluarkan suara berisik yang sangat mengganggu pendengaran dan kenyamanan pengendara, kira-kira apa yah penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

5 Penyebab AC Mobil Berisik Saat Dinyalakan

Banyak komponen AC yang tidak terpasang dengan baik

AC Mobil terdiri dari banyak komponen yang memiliki fungsi berbeda untuk sama-sama menghasilkan udara dingin di setiap hembusan AC. Nah, dari banyak komponen tersebut tentu akan ada masa dimana salah satu komponen perlu untuk dibersihkan atau diganti karena termakan usia dan lain sebagainya.

Nah, salah satu penyebab muncul suara berisik saat AC dinyalakan mungkin karena pada saat memasang komponen AC ada yang kurang kunci atau tidak presisi sehingga menimbulkan getaran yang menghasilkan suara.

Komponen yang kurang terkunci tersebut bisa saja disebabkan oleh kesalahan kamu sendiri yang sembarangan membuka komponen tanpa memiliki peralatan khusus untuk membuka bagian AC, atau bisa jadi bengkel yang dipilih untuk melakukan pemasangan komponen AC kurang profesional sehingga menyebabkan banyak baut yang longgar.

Evaporator Kotor Menyumbat aliran Freon

Dari banyak jenis komponen AC, evaporator menjadi salah satu komponen yang sangat penting untuk proses pendinginan udara.  Melalui evaporator juga lah udara yang disalurkan AC menjadi dingin dan bersih dari berbagai debu dan kotoran.

Nah, selain itu evaporator juga menampung gas freon yang sudah di proses melalui kompresor. Jika kondisi evaporator kotor tentu akan menghambat aliran gas freon sehingga memicu muncul suara desisan saat AC dinyalakan.

Adapun penyebab evaporator kotor adalah karena kebiasaan pemilik mobil yang sering membuka kaca mobil, sehingga memicu debu dan kotoran masuk ke sistem AC, kemudian disaring melalui evaporator. 

Oli Piston Kompresor Habis

Salah satu komponen AC Mobil yang bekerja berputar adalah kompresor, perlu diketahui setiap komponen mobil yang bergerak atau berputar tentu memerlukan pelumas untuk menghindari aus dan rusak akibat gesekan.

Nah, di dalam jaringan kompresor terdapat piston yang berfungsi untuk memompa dan menekan freon agar dapat bersirkulasi ke seluruh sistem AC Mobil. Freon yang sudah di tekan tersebut nanti akan menciptakan molekul yang lebih rapat.

Pelumas kompresor yang sudah habis atau kurang, tentu saja dapat memicu terjadi gesekan kasar dari piston sehingga menimbulkan suara saat AC dinyalakan.

Volume Freon AC Mobil Habis atau Kurang

Freon merupakan komponen berbentuk gas yang berfungsi untuk mengubah suhu udara menjadi lebih dingin. Untuk menghasilkan udara dingin, freon membutuhkan kinerja dari beberapa komponen pendukung AC Mobil seperti kompresor, kondensor, evaporator dan lain sebagainya.

Nah, AC Mobil bersuara kasar juga bisa dipengaruhi karena freon yang mulai habis atau kurang. Salah satu penyebabnya adalah karena di dalam saluran freon mengalami bocor. Sifat freon yang berbentuk gas tentu saja dapat menghasilkan bunyi desis dari lubang kecil tersebut.

Saluran Gas Freon Tersumbat

Penyebab AC Mobil bersuara kasar yang terakhir masih dipengaruhi oleh freon, kalau penyebab sebelumnya dipengaruhi kebocoran, kali ini karena ada sumbatan pada saluran freon. Seperti yang dijelaskan sebelumnya freon membutuhkan proses yang panjang agar bisa bersirkulasi ke seluruh sistem AC Mobil.

Salah satu komponen yang menjadi tempat freon disalurkan adalah ekspansi valve. Di Dalam komponen ini ada namanya katup yang berfungsi untuk menyalurkan gas freon menuju evaporator. Saat katup ekspansi tersumbat dapat mempengaruhi laju gas freon menjadi lebih cepat sehingga memicu suara berisik.

Sebenarnya masih banyak penyebab AC Mobil bersuara kasar. Namun, yang paling umum terjadi dan biasa kami temukan karena memang dipengaruhi oleh beberapa faktor yang disebutkan diatas.

Tips Mencegah suara kasar AC Mobil

Setelah mengetahui penyebab AC Mobil bersuara kasar,  selanjutnya bagaimana cara mencegah dan mengatasi AC Mobil agar tidak mengeluarkan suara kasar, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Cek Volume Freon AC Mobil

Karena tadi permasalahannya banyak disebabkan oleh freon, salah cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah suara kasar adalah dengan melakukan pengecekan volume freon dengan memperhatikan sight glass valve. Didalam sight glass tersebut kamu bisa melihat volume freon apakah masih cukup atau tidak.

Ciri-ciri freon yang mulai habis selain suhu yang dihasilkan kurang dingin, freon juga tidak akan terlihat pada sight glass tersebut. Nah, jika sudah demikian artinya kamu wajib mengisi freon ke bengkel spesialis AC Mobil.

Perhatikan Kompresor

Untuk memastikan kompresor AC Mobil berfungsi dengan baik tanpa mengeluarkan suara berisik, coba perhatikan kinerja kompresor dengan membuka kap mesin dengarkan apakah ada suara kasar muncul pada kompresor.

Jika memang sumber suara kasar atau berdesis tersebut kamu temui artinya piston kompresor mengalami gesekan karena kekurangan oli, untuk mengatasinya perlu membawa mobil ke bengkel spesialis AC Mobil agar segera melakukan pengisian oli.

Cek pemasangan komponen AC

Jika kamu tidak menemukan sumber masalah pada freon atau oli kompresor, coba datang ke bengkel spesialis AC Mobil dan lakukan pembongkaran pada bagian dashboard mobil periksa apakah ada komponen AC yang tidak terpasang sesuai presisi atau kurang kunci.

Jika memang sumber masalahnya berasal dari kesalahan pemasangan komponen, konsultasikan permasalahan tersebut kepada mekanik bengkel agar semua komponen AC langsung dipasang dengan baik.

Lakukan perawatan AC

Beberapa komponen yang kotor juga dapat memicu suara berisik, untuk itu lakukan perawatan pada AC Mobil, pastikan semua komponen penting AC Mobil dibersihkan dengan baik. Selain membantu menghilangkan suara berisik, AC yang dirawat juga dapat menjaga komponen agar tetap awet dan bekerja dengan optimal.

Salah satu jenis perawatan AC Mobil yang sangat akurat membersihkan seluruh sistem AC adalah dengan melakukan flushing, mesin canggih yang dapat mendeteksi seluruh kerusakan kecil yang terdapat pada komponen AC agar langsung diperbaiki. 

Perawatan AC Mobil menggunakan Flushing bisa kamu lakukan di Dhika Autocare spesialis AC Mobil terbaik yang ada di Tangerang, peralatan lengkap dan modern, teknisi berpengalaman, bergaransi harga terjangkau dan bebas antri.

Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai penyebab AC Mobil bersuara kasar dan bagaimana cara mengatasinya, semoga bermanfaat. Buat yang membutuhkan perawatan AC Mobil dengan pelayanan maksimal, Dhika Autocare bisa menjadi solusi terbaik untuk AC Mobil kesayangan kamu.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?