7 Tips Menjaga AC Mobil Versi Dhika AC

7 Tips menjaga AC mobil versi Dhika AC

Memiliki sebuah kendaraan, membuat kamu harus mulai banyak mencari informasi seputar kendaraan yang kamu gunakan. Baik kendaraan mobil atau motor, keduanya perlu perawatan yang baik agar kendaraan kamu tetap awet. Bicara soal mobil, salah satu informasi yang banyak dicari oleh pemilik mobil yaitu tentang sistem pendingin kabin mobil atau AC.

AC memang berperan penting untuk menunjang kenyamanan kamu berkendara, karena itu komponen komponen dalam AC mobil perlu dicek dan dirawat dengan baik. Nah Dhika AC punya 7 tips untuk menjaga agar AC mobil kamu tetap dingin. Disimak ya!

Rutin membersihkan kondensor AC

Kondensor merupakan salah satu komponen pada AC mobil. Sesuai dengan namanya, kondensor AC berfungsi untuk mengkondensasikan atau mengubah gas freon tekanan tinggi menjadi cairan. Rutin membersihkan kondensor akan membuat AC mobil tetap awet dan dingin. Selain itu, bersihkan juga kotoran atau debu yang menempel karena dapat menyebabkan korosi dan kebocoran.

Jaga kebersihan kabin mobil

Bukan hanya dari dalam sistem AC saja yang perlu kamu jaga kebersihannya. Tapij juga luar sistem AC, seperti kabin mobil. Apapun jenis mobil yang digunakan, kebersihan kabin merupakan hal wajib yang perlu dijaga. Saat kondisi kabin di dalam mobil kotor, maka debu-debu dapat masuk ke dalam filter AC sehingga akan mengganggu kinerja AC. Jika hal ini terjadi, maka kabin mobil akan sulit untuk terasa dingin meskipun AC sedang dinyalakan.

Menjaga kebersihan filter kabin

Pemilik mobil pasti sudah tidak asing dengan filter kabin. Fungsi filter kabin ini adalah untuk mencegah agar debu atau kotoran tidak dapat masuk dengan evaporator. Oleh karena itu, menjaga kebersihan filter kabin juga diperlukan.

Namun dengan jam terbang yang semakin banyak, filter kabin ini biasanya akan menjadi kotor. Jika memang kondisinya sudah tidak baik, maka kamu juga perlu mengganti filter kabin agar AC bisa bekerja optimal dan tetap mampu mendinginkan ruang kabin mobil kamu.

Jangan membuka jendela mobil

Tips lainnya agar AC mobil kamu tetap awet adalah jangan membuka jendela mobil saat AC menyala. Perlu kamu ingat bahwa AC mobil didesain tidak untuk mendinginkan ruangan. Jika jendela mobil terbuka, maka kinerja AC akan bertambah berat. Debu atau kotoran juga dapat terbang dan masuk ke dalam filter AC sehingga berdampak buruk pada performa AC.

Tidak merokok di dalam mobil

Apakah kamu seorang perokok? Jika iya sebaiknya kamu tidak merokok didalam mobil. Selain dapat meninggalkan bau tak sedap di dalam kabin, merokok di dalam mobil juga dapat membuat sirkulasi AC tercemar asap. Asap rokok memiliki kemungkinan untuk masuk ke dalam sistem sirkulasi AC dan mengendap di dalamnya. Akibatnya, udara yang keluar dari AC akan bercampur dengan nikotin dan akan mengganggu kesehatan pernapasanmu.

Gunakan AC dengan benar

Tips selanjutnya yaitu gunakan AC dengan benar. Jika kamu menggunakan AC mobil yang salah dapat mempengaruhi performanya. Kesalahan paling umum yang sering dilakukan adalah langsung menyalakan AC ketika suhu kabin dalam kondisi panas setelah terparkir di luar ruangan. Jika hal tersebut dilakukan, maka AC mobil akan bekerja kerjas untuk mendinginkan suhu kabin.

Lalu bagaimana? Sebaiknya ketika masuk ke dalam mobil maka langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum menyalakan AC adalah membuka seluruh jendela. Setelah udara panas keluar dan terganti dengan udara baru, maka kamu bisa menutup jendela dan mulai menyalakan AC.

Lakukan perawatan AC secara berkala

Tips terakhir dan yang paling penting yaitu rutin melakukan perawatan AC mobil. Dhika AC akan melakukan semuanya untuk mobil kesayangan kamu. Melakukan pembersihan pada komponen yang kotor, melakukan pergantian komoponen jika memang sudah rusak. Pewatan berkala snting untuk tetap menjaga peforma AC mobil kamu tetap baik.

Selain itu jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen,maka akan ditangani dengan baik oleh mekanik ahli Dhika AC. Sehingga kerusakan tidak menjalar kemana mana. Lakukan perawatan AC secara rutin di Dhika AC, untuk memeriksa kondisi komponen mulai dari compresor, condensor, receiver dyer, evaporator, serta freon.

Selamat mencoba tipsnya !

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?