AC Mobil Berisik

AC Mobil berisik? Ini penyebab dan solusinya

Apa jadinya jika AC Mobil kamu berbunyi berisik? Tentu perjalanan rasanya tidak akan nyaman, jika AC Mobil dimatikan kamu akan merasa gerah. Keduanya serba salah ya? Yang membuat AC Mobil berisik biasanya adalah kompresor. Kompresor merupakan bagian paling penting dalam komponen AC  mobil. Itu alasan pertama kenapa bagian ini perlu diberikan perhatian khusus.

Namun tidak bisa disangkal juga jika kompresor akan mengalami masa aus saat usianya sudah tua. Sangat perlu untuk kamu perhatikan baik-baik keadaannya dengan melakukan service berkala.

Salah satu akibat dari rusaknya kompresor yaitu bunyi AC Mobil akan berisik. AC Mobil boleh dingin, tapi jika berisik tentu akan sangat menggagu kamu selama perjalanan. Bukan hanya itu saja penyebab dari AC Mobil bisa berbunyi berisik. Yuk kulik Bersama apa saja penyebab dan solusinya.

Saluran AC Mobil Bocor

Pernah mengalami saluran AC Mobil kamu bocor? Hal ini bisa menjadi penyebab kenapa AC Mobil kamu mengeluarkan bunyi berisik. Saluran AC yang bocor membuat refigerant cepat habis. Hal ini menimbulkan gesekan pada piston dan bola-bola didalamnya semakin kencang. Sehingga AC mobil mengeluarkan bunyi yang berisik.

Oli Kompresor Berkurang

Penyebab yang satu ini menjadi bagian uatam yang akan mekanik periksa saat kamu membawa mobil ke bengkel yaitu oli kompresor. Oli Kompresor AC sangat penting dan bermanfaat sebagai cairan pelumas agar tidak cepat panas. Jika AC mobil ini kekurangan oli, maka kinerja AC mobil akan lebih berat dan timbul gesekan pada mesin AC mobil. Itulah sebabnya kenapa AC Mobil kamu mnegeluarkan suara berisik.

Kotoran pada AC mobil

Mobil yang jorok tidak akan membuat kamu nyaman, bahkan bisa bisa merusak komponen pada mobil salah satunya AC Mobil. Karena apapun yang masuk ke dalam mobil, terutama kotoran seperti daun kering, kertas, tisu, sisa-sisa makanan, atau bahkan kerikil kecil tanpa disadari masuk ke komponen AC. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab suara AC mobil kamu berisik, Karena ada kotoran yang masuk ke dalam AC mobil membuat AC Mobil kamu terganggu kinerjanya.

Komponen AC tidak Presisi

Berikutnya adalah pemasangan komponen AC Mobil yang tidak sesuai atau presisi. Memasang komponen AC memang terlihat mudah dan bisa kamu lakukan sendiri, tapi sebenarnya Pemasangan komponen mesin AC tidak sesipmle yang kamu bayangkan.

Jika tidak tidak presisi dan ada bagian yang masih longgar maka bagian tersebut membuat AC mobil bergetar, itulah yang menimbulkan suara berisik. Sangat disarankan utnuk membawa mobil ke bengkel AC mobil resmi, agar terhindar dari kesalahan pemasangan yang berakibat fatal nantinya.

Magnetic Clutch Bermasalah

Penyebab terakhir ayitu magnetic clutch. Sebagai pengendara mobil, tentu tidak asing dengan istilah magnetic clucth. Magnetic clutch merupakan bagian penting dari komponen AC yang berfungsi sebagai penghubung antara mesin dengan kompresor. Kalau bagian ini bermasalah, maka dapat dipastikan kinerja seluruh sistem AC mobil tidak akan maksimal.

Contohnya adalah kompresor AC mobil berisik, udara yang keluar tidak dingin, atau bahkan keluar hawa panas. Kerusakan pada magnetic clutch sudah jelas akan menghambat fungsi kompresor mengingat bagian ini adalah penghubung langsung dengan mesin mobil.

Tadi beberapa penyebab Ac Mobil kamu menimbulkan suara berisik saat menyala. Jika ada masalah pasti ada solusinya. Jadi kamu tidak perlu panik ya. Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan.

Pertama, memperhatikan rembesan oli bertujuan untuk melihat apakah AC mobil mengalami kebocoran atau tidak. Jika mengalami kebocoran, kamu bisa mengatasi dengan air sabun. Kucurkan air sabun sedikit demi sedikit di titik yang mengalami kebocoran.

Kedua, AC Mobil yang bunyi mungkin saja karena bearing bambu berkarat. Bersihkan bearing bambu menggunakan antikarat. Kemudian amplas menggunakan amplas yang halus. Jika sudah dibersihkan, masukkan oli kedalam kompresor. Jika AC Mobil masih saja mengeluarkan suara berisik sebaiknya kamu memeriksa dinding silinder. Mungkin dinding silinder sudah mulai aus. Sehingga, langkah terakhir yang harus dilakukan melakukan penggantian kompresor AC.

Ketiga, Apabila penyebabnya adalah mesin blower yang rusak, maka segera ganti mesin blower AC dengan yang baru dan pastikan kamu melengkapi mobil dengan filter AC ya.

Keempat, bawalah mobil ke bengkel Dhika AC mobil untuk dilakukan pengecekan dan perawatan secara rutin. Ini merupakan solusi terbaik agar komponen komponen pada AC Mobil kamu tetap Fit dan tidak mengeluarkan suara berisik seperti yang dijelaskan diatas.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?