AC Mobil Tidak Dingin Saat RPM Rendah

AC Mobil Tidak Dingin Saat RPM Rendah

Ketika kamu memiliki kendaraan pribadi yang biasanya mengantar kamu beraktivitas seharian, tentu kamu akan lebih care tentang apapun pada mobil kamu. Ada istilah tak kenal maka tak sayang, jadi kenali komponen komponen yang ada di mobil agar kamu semakin perhatian terhadap perawatannya. Salah satu komponen yang haru kamu perhatikan perawatannya adalah AC Mobil.

Ya system pendingin pada mobil ini memang sangat membuat nyaman untuk berlama lama mengendarai mobil. Jika lalai dalam pegecekan dan perawatannya, maka AC Mobil bisa rusak dan mati total. Ada banyak macam masalah yang terjadi pada AC Mobil, salah satunya yaitu akan kamu rasakan ketika mobil sedang berjalan pada RPM rendah tapi AC Mobil tidak terasa dingin. Ada apa ya? Berikut ini beberapa penyebab AC Mobil kamu tidak dingin saat RPM rendah.

Freon Berkurang

Freon berkurang seringkali menjadi penyebab utama AC mobil kurang dingin. Berkurangnya freon ini terjadi karena kebocoran pada sistem AC. Kebocoran  freon yang terlalu kecil dan hanya terjadi pada tekanan tertentu ada kemungkinan bocor akan berhenti, sehingga freon tidak sampai habis sama sekali.

Kebocoran freon seperti ini sering di temui pada sel o ring pada sambungan-sambungan pipa AC. Juga pada seal saft kompressor atau pun pada relief valve pada kompressor. Tapi hal ini berpengaruh pada ac mobil tidak dingin saat rpm rendah.

Refrigeran Bocor 

Refrigerant AC mobil kamu bocor bisa menajdi penyebab tidak dingin. Mungkin ini adalah penyebab klasik AC Mobil tidak dingin. Refrigeran sendiri berfungsi membuat kabin tetap dingin. Masalah seperti itu muncul ketika mobil mengalami kecelakaan yang tidak terduga. Selang AC bocor dari sambungan dan sangat sulit untuk menunjukkan di mana kerusakan itu terjadi. 

Zat berminyak yang berkumpul di sekitar selang menunjukkan kebocoran pada zat pendingin. Segeralah lakukan perbaikan. Hindari melakukan pebaikan sendiri, karena mungkin kamu bukan ahli dalam bidang ini. Sebaiknya bawa mobil ke bengkel AC Mobil resmi, kamu akan lebih tenang karena pengerjaannya tentu dilakukan oleh mekanik ahli.  

Kondensor Rusak dan Kotor

Tidak asing dengan istilah kondesor bukan? Kondensor adalah komponen pada AC mobil yang membuat refrigeran tetap dingin dan kemudian mengalir melalui blower dengan mengubah udara panas menjadi udara dingin. Komponen ini menjadi penyebab lain yang membuat AC Mobil tidak berfungsi dengan baik saat mobil kamu melaju pada RPM rendah.

Permukaan kondensor yang rusak, kotor karena debu, karatan, atau sirip pada permukaan yang tertekuk akan membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor terjadi tidak sempurna. Hal ini berakibat pada proses kondensasi yang jadi tidak sempurna.

Tekanan AC Mobil Berlebihan

Penyebab AC mobil tidak dingin saat RPM rendah selanjutnya yaitu tekanan pada system ac berlebihan. Over heat pada system AC sampai high pressure switch bekerja dan memutus arus listrik ke Field Coil dari magnetic clutch. Atau untuk kompressor ac yang di lengkapi temperature switch, jika terjadi over heating maka temperature switch yang tertanam di body kompressor akan bekerja dan memutus arus listrik menuju spull magnetic clutch.

Tombol Fresh Air

Tombol fresh air ditandai dengan gambar panah masuk kedalam mobil. tombol ini berfungsi untuk memasukkan udara luar agar bersirkulasi didalam kabin. Saat tombol ON dinyalakan maka semua katup dan ventilasi udara luar akan terbuka sehingga udara akan bersirkulasi dan masuk kedalam kabin.

Oli Kompresor Berlebihan

Terakhir ada oli kompresor. Pada System Ac mobil memiliki volume ruang yang tetap. Jika kelebihan oli kompressor maka ruang untuk freon akan berkurang. Mudah saja jika sebuah mobil sedan membutuhkan freon seberat 0,40 kg dengan kelebihan oli kompressor maka jika 0,40 kg freon bisa masuk semua ke system ac.

Kejadian di atas akan menyebabkan tekanan berlebihan oli kompresor. Jika memang harus menyesuaikan tekanan agar sesuai dengan spesifikasi standar, Freon yang masuk harus dikurangi. Hasilnya hanya AC kurang dingin, tapi terkadang yang terburuk terjadi yaitu AC Mobil tidak mau dingin sama sekali.

Lakukanlah perawatan secara berkala ke bengkel resmi AC Mobil. Seperti Dhika AC yang sudah berpengalaman dibidangnya dan terpercaya karena sudah tersertifikasi. Untuk memastikan kondisi AC mobil kamu tetap prima dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?