Bengkel Cuci Evaporator AC Mobil Cipondoh

Bersihkan Evaporator AC mobil Dengan langkah Langkah Ini

Harus diakui keberadaan AC mobil menunjang kenyamanan dalam berkendara terutama saat cuaca panas. Akan tetapi, kinerja AC tidak akan maksimal apabila kamu tidak memperhatikan komponen-komponen di dalamnya, seperti evaporator. Mungkin kamu tidak asing dengan nama komponen yang satu ini.

Evaporator AC mobil memiliki peranan penting dalam memberikan udara sejuk dan nyaman di dalam mobil dan letaknya berada di bagian akhir sebelum udara segar keluar ke dalam ruangan yang dituju.

Masalah kerap datang pada sistem pendingin kabin ini. Saat AC terasa kurang dingin, kamu mungkin harus membersihkan evaporator dan komponen lainnya. Bicara soal membersihkan evaporator, sebenarnya kamu bisa melakukannya sendiri atau membawanya ke bengkel AC mobil. Tergantung pilihan dan kebutuhan kamu, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah berikut ini kami berikan informasi cara membersihkan evaporator AC mobil.

Matikan Mesin Mobil dan Siapkan Alat-alat Pembersih

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mematikan mesin mobil sekaligus menyiapkan alat-alat pembersih yang dibutuhkan.

Untuk membersihkan evaporator, kamu harus membongkar bagian mesin, itulah kenapa kamu harus memastikan bahwa komponen satu itu dalam keadaan mati. Kemudian, siapkan peralatan pembersih seperti sikat dan lainnya.

Cari Tahu Letak Evaporator AC Mobil

Agar bisa membersihkan komponen AC mobil yang satu ini kamu harus terlebih dahulu tahu di mana letak evaporator AC mobil. Biasanya letak evaporator tergantung dari jenis mobil yang kamu gunakan. Namun umunya komponen ini berada di bagian bawah atau belakang dashboard, atau kamu bisa membaca buku panduan karena semua informasi terkait mesin mobil ada di sana.

Buka Glove Box dan Temukan Blower

Langkah selanjutnya membuka glove box untuk melepas filter AC mobil. Jika masih ragu, kamu bisa mengikuti petunjuk yang tertulis di buku panduan. Jika filter AC kotor, kamu bisa membersihkannya agar kinerja AC akan lebih maksimal.

Jika sudah kamu lakukan, kemudian cari lokasi blower pada sistem AC mobil kamu.

Hidupkan AC dan Semprotkan Pembersih

Langkah berikutnya dari cara membersihkan evaporator AC adalah menghidupkan mesin dan AC akan menyala secara otomatis. Putar suhu ke level paling tinggi dan tiupan blower paling kencang. Hal ini bertujuan untuk merasakan apakah blower berputar dengan maksimal atau tidak. Selanjutnya, semprotkan cairan pembersih evaporator AC mobil tepat ke bagian bawah blower hingga habis agar filter AC benar-benar bersih. Cairan tersebut akan membentuk busa dan biarkan busa mengeluarkan air dari ventilator AC mobil.

Bersihkan Selang Ventilasi AC

Setelah itu, kamu bisa mematikan kembali mesin mobil sekitar 10 hingga 15 menit hingga busa keluar dari selang ventilasi. Pastikan jika tidak ada air yang tersisa di bagian ventilator.

Apabila tidak ada lagi air tersisa di bagian selang ventilasi, langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian tersebut. Tujuannya adalah agar tidak ada sumbatan di bagian ventilasi AC.

Pembilasan

Langkah terakhir adalah menyalakan kembali mesin dan AC untuk proses pembilasan agar evaporator AC bersih sempurna.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk membersihkan evaporator sendiri. Namun, jika ragu bahwa kamu bisa melakukannya sendiri, akan lebih baik untuk menghubungi bengkel cuci evaporator AC mobil, Dhika AC. Mekanik ahli yang sudah terbiasa akan membersihkan evaporator AC mobil kamu dengan baik. 

Soal biaya, tentu menyerahkan pekerjaan tersebut pada bengkel AC akan lebih efisien dan hemat. Harga yang ditawarkan juga tentu sesuai dengan kantong kamu. Peralatan dan pembersih semua sudah tersedia lengkap di Dhika AC.

Yuk cuci evaporator AC mobil di Dhika AC sekarang !

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?