Cara membersihkan filter AC Mobil yang bisa dilakukan dirumah!

Di dalam jaringan AC Mobil ada satu komponen yang sangat berperan penting untuk memastikan udara yang dihasilkan AC tidak hanya mengeluarkan udara dingin saja namun juga harus memastikan udara yang keluar bersih, komponen tersebut adalah filter AC Mobil.  

Tidak seperti komponen AC Mobil lainnya yang memiliki rentan usia pemakaian yang cukup lama, filter AC karena terbuat dari material yang lunak maka penting sekali untuk diganti dalam waktu dekat.  Biasanya filter AC Mobil hanya tahan dan bisa digunakan setiap kendaraan menempuh jarak 10.000 km.

Jika filter AC Mobil kotor atau tidak pernah diganti maka dapat menyebabkan udara yang dikeluarkan AC menjadi tidak dingin atau bahkan mengeluarkan aroma busuk. Hal ini disebabkan karena kotoran yang terdapat pada filter sudah berjamur.

Adapun waktu ideal untuk membersihkan filter AC Mobil yang perlu kamu ketahui adalah setiap kendaraan sudah menempuh jarak 5.000 km. Lalu bagaimana tips membersihkan filter AC Mobil agar tidak mudah rusak dan bisa digunakan kembali? 

Cara Membersihkan Filter AC Mobil 

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan filter AC Mobil, simak artikel ini sampai habis yah.

Buka laci Tempat filter AC

Pastikan kunci untuk membuka laci tempat filter AC sudah kamu sediakan. Jika laci dashboard mobil tidak menggunakan baut kamu cukup menarik laci ke atas dari sebelah kiri, kemudian lanjut ke kanan hingga laci terlepas dengan sempurna, lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar laci maupun filter AC tidak rusak.

Cari Letak Filter AC 

Ketika sudah berhasil membuka laci dashboard kamu akan melihat kompartemen filter dan blower AC saling bertumpuk. Untuk posisinya sendiri filter AC tepat di atas blower. Pastikan jangan salah ambil dan lakukan dengan hati-hati untuk menjaga komponen agar tidak rusak.

Keluarkan dan ambil filter AC

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengeluarkan filter AC adalah dengan membuka sistem berbentuk knop di bagian sisi boks. Jika boks sudah terbuka kamu akan melihat filter AC. Kemudian ambil filter AC dengan perlahan-lahan agar debu dan kotoran tidak bertebaran di dalam boks tersebut.

Proses Pembersihan

Setelah filter AC berhasil kamu keluarkan ketuk sisi filter AC dengan pelan untuk mengeluarkan debu yang terperangkap di dalamnya. Jika kamu memiliki compressor peniup angin ini sangat membantu kamu agar lebih cepat dalam proses pembersihan filter AC.

Satu hal yang perlu diketahui, pada saat proses pembersihan jangan pernah menggunakan air yang sudah bercampur dengan sabun. Alasannya walaupun filter AC sudah bersih kandungan sabun dapat merusak bulu halus pada filter sehingga sulit untuk menyaring debu dan kotoran.

Pasang Kembali Filter AC

Berhubung karena bahan material dari komponen ini lunak, pastikan sebelum dipasang kembali filter AC sudah benar-benar kering. Kemudian buka kembali boks dan tutup laci seperti posisi semula. Nah, itu beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan filter AC Mobil tanpa harus ke bengkel.

Namun, saran kami agar proses dan hasil pembersihan filter AC lebih memuaskan sebaiknya lakukan di bengkel spesialis AC Mobil yang lebih paham dalam merawat seluruh sistem AC. Selain itu, peralatan yang digunakan bengkel spesialis AC Mobil juga lebih lengkap dan modern sehingga proses pembersihan bisa berjalan dengan efisien.

Penyebab Filter AC Mobil Cepat Kotor

Setelah mengetahui bagaimana cara membersihkan filter AC Mobil tanpa harus ke bengkel, sekarang kamu juga harus tahu apa penyebab utama filter AC Mobil cepat kotor. Simak penjelasannya dibawah ini.

Jarang Membersihkan Kabin dan interior Mobil

Salah satu penyebab utama filter AC Mobil cepat kotor adalah banyak debu dan kotoran di dalam kabin yang tidak dibersihkan. Sehingga masuk dan terperangkap ke dalam sistem AC Mobil termasuk kedalam filter AC.

Jika kotoran yang masuk kedalam filter AC sudah menumpuk maka dapat menghambat udara dingin masuk kedalam kabin. Bukan hanya itu aroma yang dihasilkan AC dengan kondisi filter kotor juga sangat bau.

Kebiasaan Merokok di Dalam Mobil

Kebiasaan merokok didalam kabin masih sering diabaikan oleh pemilik mobil. Selain berbahaya untuk kesehatan, kandungan rokok juga dapat merusak dan mengotori sistem AC. Saran kami 

walaupun kamu sudah mepet ingin merokok jangan lakukan di dalam mobil. Tapi carilah lokasi  terbuka agar asap bisa keluar dengan bebas.

Jarang melakukan Perawatan AC Mobil

Kotoran yang terdapat pada komponen AC Mobil juga rentan masuk ke dalam filter AC. Jika kotoran pada filter sudah menumpuk maka dapat menyebabkan suhu yang dihasilkan AC kurang dingin dan menimbulkan bau tidak sedap. Untuk itu pastikan kamu merawat AC Mobil secara berkala, selain bermanfaat untuk menjaga kualitas komponen tetap awet suhu AC Mobil juga lebih sehat dan dingin.

Nah, itulah beberapa penyebab filter AC Mobil cepat kotor. Sebagai informasi filter AC juga perlu diganti secara berkala untuk menjaga kualitas udara yang dikeluarkan oleh AC tetap bersih. Umumnya penggantian filter AC Mobil dilakukan setiap kendaraan menempuh jarak 10.000 km atau kurang lebih 6 bulan sekali. 

Buat kamu yang membutuhkan perawatan AC Mobil maupun penggantian suku cadang, kamu bisa konsultasi ke Dhika Autocare spesialis AC Mobil terbaik di kota Tangerang. Dibantu peralatan modern dan mekanik berpengalaman proses perawatan AC Mobil bisa berjalan dengan efisien tentunya dengan hasil yang sangat memuaskan.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?