Cara mengetahui freon AC Mobil Habis dan tips mengatasinya

Freon, salah satu komponen penting yang ada pada komponen AC Mobil, tanpa adanya freon mustahil hembusan AC bisa dingin. Freon tidak hanya digunakan untuk AC Mobil saja, tapi juga digunakan untuk AC rumah maupun kulkas meskipun jenis freon yang digunakan berbeda.

Kalau tidak ada gangguan dan kebocoran pada bagian komponen AC Mobil, freon ternyata memiliki rentan pakai yang cukup lama. Namun, banyak pemilik mobil yang mengeluh dengan AC Mobil karena masalah freon AC yang cepat habis dan berkurang, kira-kira apa yah penyebabnya? 

Setelah kami menangani banyak kondisi seperti ini, ternyata ada beberapa faktor penyebab yang mempengaruhi freon, namun sebelum mengetahuinya terlebih dahulu kamu harus tahu bagaimana cara mengetahui freon AC Mobil habis.

4 Cara Mengetahui Freon AC Mobil Habis

Udara AC Tidak Dingin

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengidentifikasikan freon yang habis atau berkurang dengan cara merasakan suhu AC yang keluar.  Biasanya AC yang kekurangan freon atau habis suhu yang dihasilkan tidak akan dingin atau hanya keluar angin saja.

Hal ini tentu mengarah pada fungsi utama freon sebagai elemen penting pada proses pendinginan udara. Namun, kondisi AC yang tidak dingin tidak selamanya dipengaruhi oleh freon yang habis yah, komponen yang jarang melakukan perawatan juga menjadi faktor utama.

Freon tidak terlihat pada sight glass

Cara kedua bisa memperhatikan sight glass dengan kondisi mesin dan AC menyala. Jika freon masih cukup,  maka akan ada cairan yang mengalir. Sebaliknya jika freon sudah habis maka tidak akan ada sesuatu yang mengalir pada sight glass.

Buat kamu yang belum tahu fungsi dan letak komponen ini, sight glass sendiri terbuat dari kaca bulat transparan yang berfungsi sebagai media untuk melihat sirkulasi freon di dalam sistem AC, posisinya sendiri berada di dryer/filter freon.

Selang Low Pressure tidak berembun

Salah satu komponen yang ada pada sistem AC mobil adalah selang kompresor, yang terbagi menjadi dua jenis berbeda seperti selang bertekanan tinggi dan selang bertekanan rendah, kedua selang ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga sirkulasi freon tetap berjalan dengan optimal.

Pada saat AC menyala, biasanya terjadi pengembunan pada selang low pressure, hal ini dipengaruhi oleh perbedaan suhu yang ada di dalam selang dan diluar selang.  Jika kamu tidak melihat adanya kondensasi di atas selang, kondisi ini bisa menandakan bahwa sistem AC Mobil sudah kehabisan atau kekurangan freon.

Kompresor AC terus menyala saat AC ON

Biasanya kompresor akan berhenti ketika freon sudah berada dalam titik paling maksimal. Namun berbeda dengan freon yang habis, magnetic clutch akan terus tersambung pada kompresor saat AC dalam kondisi ON.  Selain itu freon yang habis juga ditandai dengan muncul suara ketukan pada mesin saat AC dinyalakan.

Kondisi ini dipengaruhi karena ada kebocoran pada selang AC, sehingga freon tidak bisa di alirkan ke kompresor. Nah, ternyata hal ini bisa mempengaruhi fungsi dari pressure switch yang tidak dapat memutus magnetic clutch untuk menghentikan kinerja dari kompresor.

Nah, itulah beberapa cara mengetahui freon AC Mobil habis yang perlu kamu ketahui, lalu apa penyebab freon AC cepat berkurang dan habis serta bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Freon cepat berkurang dan cara mengatasinya

Setelah mengetahui ciri freon AC Mobil habis, kamu juga harus tahu apa penyebab dan cara mengatasi AC Mobil tetap bekerja dengan optimal, berikut informasinya:

Magnetic clutch rusak

Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan putaran mesin dengan kompresor, jika magnetic clutch rusak tentu kompresor tidak akan bisa memompa freon. Salah satu penyebab magnetic clutch cepat rusak karena kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan seperti menghidupkan dan mematikan AC dalam waktu yang singkat.

Lalu bagaimana cara mengatasinya, jika saat ini magnetic clutch mobil masih berfungsi dengan normal sebaiknya hentikan kebiasaan menyalakan dan mematikan AC dalam waktu yang singkat. Namun, jika magentic clutch sudah terlanjur rusak sebaiknya lakukan perbaikan di bengkel spesialis AC Mobil.

Kondensor rusak

Jika kondensor rusak maka tidak ada lagi komponen yang bisa menurunkan suhu panas freon menjadi dingin. Selain itu, berhubung freon juga dialirkan ke dalam kondensor, komponen ini tidak boleh sampai retak atau bocor karena dapat mempengaruhi freon cepat habis.

Kerusakan kondensor bisa disebabkan karena kurang perawatan sehingga memicu terjadinya karat, selain itu usia pakai yang sudah terlalu lama juga menjadi faktor kondensor cepat rusak. Untuk mengatasinya, sebaiknya lakukan perawatan rutin pada AC mobil agar seluruh komponen bersih dan jika kondensor sudah terlanjur rusak, satu-satu solusinya adalah dengan mengganti kondensor yang baru.

Saluran AC tersumbat

Kurang perawatan dapat memicu banyak tumpukan kotoran pada setiap komponen AC, tak terkecuali pada bagian saluran AC. Saluran AC yang kotor dapat menyebabkan sumbatan sehingga memicu terjadinya kebocoran pada freon. 

Jika sumbatan belum parah, untuk mengatasinya bisa melakukan service ke bengkel spesialis AC Mobil agar semua kotoran dibersihkan, jika saluran AC sudah bocor solusinya cuma satu dengan mengganti bagian yang bocor tersebut dengan komponen yang baru.wa 

Seal bocor

Seal merupakan pelapis karet yang berfungsi untuk merekatkan sambungan AC agar tidak bocor. Jika karet ini rusak maka dapat mengakibatkan freon bocor, bukan hanya itu saja kinerja kompresor juga akan melemah sehingga menyebabkan udara kurang dingin. 

Berhubung posisi karet seal sulit di jangkau, untuk mengatasinya kamu harus membawa mobil ke bengkel spesialis AC Mobil dengan peralatan service AC yang lebih lengkap dan modern.

Kompresor Rusak

Seperti yang kamu ketahui, kompresor AC berfungsi untuk memompa aliran gas freon agar mampu bersirkulasi ke semua komponen AC dan menekan freon molekul freon lebih rapat. 

Nah, ketika kompresor rusak otomatis freon tidak bisa bersirkulasi, sehingga memicu terjadinya sumbatan dan kebocoran. Untuk mengatasi kompresor rusak kamu bisa melakukan konsultasi ke bengkel spesialis AC Mobil seperti Dhika Autocare, disana nantinya kompresor kamu akan di cek apakah masih bisa diperbaiki atau tidak.

Nah, freon yang berkurang atau bocor sangat mempengaruhi udara yang dihasilkan AC, setelah kamu mengetahui apa penyebab Freon cepat habis dan cara mengatasinya, kamu juga harus tahu pentingnya melakukan perawatan AC secara berkala.

Dengan melakukan perawatan secara berkala ,selain menjaga suhu yang dihasilkan AC tetap dingin, potensi kerusakan kecil agar tidak semakin besar termasuk kebocoran bisa langsung di atasi. Nah, buat kamu yang membutuhkan perawatan AC mobil untuk mobil kesayangan kamu, Dhika Autocare menyediakan berbagai kebutuhan AC mobil dengan lengkap.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?