Cari Tau Penyebab Kondensor Ac Mobil Rusak

Cari Tau Penyebab Kondensor Ac Mobil Rusak

Kamu tau gak sih? Cuaca dan kondisi jalanan yang baik jadi hal utama saat berkendara, bukan hanya untuk mobil bekas, tapi mobil baru juga. Karena jika tidak mengenal kondisi jalan dengan baik, bisa bisa hal tersebut dapat merusak mobil kesayangan kamu, khususnya pada bagian kondensor AC Mobil.

Adanya debu dan kerikil bisa merusak kondensor system pendingin mobil kamu. Tapi taukah kamu apa fungsi kondesor? Kondensor berfungsi mengubah atau mengkondensasi gas bertekanan tinggi menjadi cairan bertekanan tinggi. Gas dan cairan yang dimaksud adalah refigerant atau biasa disebut freon AC. Kondesor memiliki bentuk seperti radiator, terdapat kisi-kisi yang berada di depan mobil dekat dengan radiator.

Kondensor pada system AC Mobil mudah rusak jika tidak dirawat dengan benar. Sebagai pemilik mobil, kamu harus tau beberapa penyebab kondensor AC Mobil bias rusak. Simal ulasan berikut.

Kondensor Bocor

Komponen komponen yang ada pada system AC mobil cenderung mudah mengalami kebocoran, tapi dengan catatan hal itu terjadi jika kamu malas melakukan perawatan berkala pada system pendingin mobil. Salah satu komponen yang bias terjadi kebocoran adalah kondensor. Kebocoran kondensor biasanya terjadi pada bagian pipa sambungan yang menghubungkan kondensor dengan ac mobil itu sendiri. Akibatnya, proses penyaluran udara di dalam ac tidak maksimal sehingga suhu udara yang berhembus terasa panas walaupun ac diputar pada suhu tertinggi sekalipun.

Biasanya kerusakan yang terjadi pada komponen AC Mobil seperti kondensor ini terjadi karena kebiasaan buruk pemiliknya. Contohnya seperti membuka kaca mobil saat AC mobil menyala. Hal tersebut tentu saja akan membuat polusi udara, kotoran dan debu masuk ke dalam kabin mobil. Kemudian dihisap oleh AC Mobil dan masuk ke bagian kondensor sehingga terjadilah penumpukan kotoran di dalam kondensor. Nah penumpukan kotoran ini lah yang membuat kondensor mengalami kebocoran.

Kondensor Panas

Tidak hanya kebocoran kondensor saja, kamu perlu tau bahwa ternyata penyebab lainnya kondensor AC mobil rusak karena suhu pada kondensor mengalami kenaikan atau panas. Saat mesin mobil dihidupkan maka secara otomatis, kondensor akan melakukan tugasnya dengan menghisap udara panas dalam kabin.

Kondensor Berkarat

Kamu pernah mendengar kondensor AC berkarat? Ya ini menjadi salah satu penyebab kondensor AC mobil rusak. Adanya korosi atau karatan pada komponen tersebut karena banyaknya kotoran yang menumpuk dan mengendap. Proses korosi ini akan semakin cepat lantaran adanya tetesan air selama proses pendinginan yang membuat kondensor AC pada mobil menjadi melemah dan mengalami kerusakan.

Jika terjadi demikian maka sebaiknya bersihkan kondensor AC sampai benar-benar bersih. Saat kinerja kondensor sudah menurun, jangan tunggu lama lama. Sebaiknya bawa mobil kamu ke bengkel untuk diganti dengan kondensor yang baru.

Kondensor Sudah Tua

Kondensor yang sudah tua juga menjadi penyebab kondensor AC mobil rusak. Usia penggunaan kondensor yang sudah lama tentu kinerjanya akan menurun dan melemah seiring dengan berjalannya waktu.

Kamu juga pasti tau jika setiap komponen memiliki masa pakai atau usia yang mana menginjak pada waktu tertentu. Sebaiknya lakukan perbaikan atau bahkan pergantian dengan yang baru agar putaran angin AC Mobil kamu nantinya lebih maksimal yang berdampak pada suhu di dalam kabin pun tetap terjaga.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?