Cek jenis AC bus dan cara perawatan yang baik dan benar!

Minat masyarakat untuk menggunakan bus sebagai moda transportasi darat semakin tinggi karena dikenal lebih efisien dan terjangkau bila dibandingkan dengan mode transportasi yang lain. Hal ini tentu membuat para pemilik bus terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan penumpang salah satunya dengan memasang fitur AC.

Hampir seluruh bus yang ada di penjuru indonesia sudah menggunakan AC sebagai fitur penambah kenyamanan untuk penumpang. Perlu diketahui meski sama-sama kendaraan darat, AC Bus dengan AC Mobil pribadi ternyata memiliki perbedaan di jenis dan cara perawatan yang dilakukan.

Nah, melalui artikel ini akan kita bahas jenis-jenis AC bus dan cara perawatan yang baik dan benar, siapa tahu bisa bermanfaat untuk kamu sebagai pengguna maupun pemilik bus.

2 Jenis AC Bus

AC Power Pack

Pada bus keluaran lama jenis AC ini begitu populer digunakan dan masih digunakan oleh beberapa bus keluaran lama yang masih beroperasi hingga saat ini. Namun, seiring berkembangnya industri otomotif AC power pack sudah tidak digunakan lagi. 

Keunikan dari jenis AC ini adalah jika AC Mobil sekarang menggunakan mesin sebagai sumber tenaga, berbeda dengan jenis AC power pack yang memiliki mesin sendiri sehingga tenaga mesin tidak terbagi lagi, tentu hal ini sangat berguna untuk meningkat performa mesin.

AC Roof Top

Nah, jenis AC ini merupakan inovasi dari AC jenis power pack. Hampir seluruh bus buatan tahun tinggi sekarang sudah menggunakan jenis AC rooftop. Untuk mengetahui model jenis AC rooftop ini bisa kamu perhatikan pada posisi kondensor yang terletak di atas bus, sehingga memudahkan siapa saja untuk mengetahui apakah bus tersebut dilengkapi AC atau tidak.

Sumber tenaga dari jenis AC rooftop juga dipengaruhi oleh putaran mesin yang disambungkan melalui belt/sabuk mesin. Maka jangan heran jika pemilik bus sering mematikan AC saat melintasi kondisi jalan menanjak, hal itu semata-mata untuk menjaga tenaga mesin tetap optimal.

Cara Perawatan AC Bus yang Baik dan Benar

Sebenarnya perawatan AC Mobil biasa dengan AC bus hampir sama, meskipun di artikel lain sudah dijelaskan bagaimana cara perawatan AC Mobil yang baik untuk menjaga kinerjanya gak ada salahnya dijelaskan kembali.

Jangan Merokok di Dalam Kabin

Ada banyak kandungan rokok yang bisa menempel ke dalam sistem AC, kondisi ini sangat mempengaruhi kinerja dari AC bus kamu menjadi lemah dan kurang optimal dalam menghasilkan udara dingin.

Kebiasaan merokok di dalam mobil juga dapat membuat aroma kabin menjadi berbau. Perlu kamu ketahui salah satu aroma yang sangat tidak disukai oleh penumpang di dalam bus adalah aroma apek yang ditimbulkan oleh asap rokok.

Rutin Membersihkan Kabin

Aktivitas penumpang yang sering naik turun membuat ruang kabin bus rentan kotor dan berdebu.  Kondisi ini tentu selain membuat kabin bus menjadi kotor, debu yang masuk juga bisa bersirkulasi ke dalam sistem AC.

Jika kamu jarang membersihkan ruang kabin bus yang sering melakukan perjalanan, maka debu dan kotoran bisa menumpuk yang dapat mengganggu sistem kerja AC bus kamu. Untuk itu setelah selesai melakukan perjalanan alangkah baiknya kamu melakukan pembersihan pada ruang kabin bus.

Lakukan Perawatan AC Secara Berkala

Nah, salah satu jenis perawatan AC bus yang tidak boleh ketinggalan adalah dengan melakukan service berkala. Hal ini bertujuan untuk menjaga seluruh komponen AC agar tetap bekerja dengan optimal, selain itu dengan melakukan perawatan AC resiko kerusakan kecil bisa langsung diperbaiki agar kerusakan tidak semakin parah.

Untuk menjaga sirkulasi AC bus tetap optimal dalam menghasilkan udara dingin pastikan stok freon AC terpenuhi dengan baik. Jika kualitas freon sudah turun segera ganti atau lakukan pengisian ulang ke bengkel spesialis AC Mobil.

Oh iya dengan melakukan perawatan AC bus ke bengkel spesialis AC Mobil, kamu sudah mendapatkan semua jenis perawatan AC yang kamu butuhkan. Mulai dari membersihkan kondensor, evaporator, kompresor dan lain sebagainya dengan menggunakan peralatan lengkap dan modern.

Nah, itulah tiga cara utama perawatan AC bus yang bisa kamu terapkan untuk menjaga performa dan kualitas udara pada ruang kabin bus, semoga bermanfaat. Buat pemilik bus yang sedang mencari jasa perawatan AC jangan khawatir, di Dhika Autocare seluruh kebutuhan AC kendaraan darat bisa kamu dapatkan, mulai dari kebutuhan AC Mobil biasa, Karoseri, Truk, Bus hingga Alat berat sekalipun.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?