Dampak Freon AC Mobil Bocor pada Kesehatan

Dampak Freon AC Mobil Bocor pada Kesehatan

Bicara soal AC mobil, kamu pasti sudah kenal dengan komponen bernama freon. Komponen yang satu ini memang vital dalam sistem pendinginan kabin mobil. Freon bisa saja bermasalah saat kamu lalai dalam pengecekan juga perawatannya. Salah satu masalahnya yaitu kebocoran freon. Sebelum membahas lanjut tentang kebocoran AC mobil, sebaiknya kamu tau lebih dulu lebih banyak tentang freon AC mobil.

Freon merupakan gas kimiawi yang disebut juga dengan nama Cloroflourocarbon atau disingkat CFC. Gas tersebut digunakan biasanya dalam mesin pendingin, seperti kulkas dan juga AC mobil. Fungsi freon pada AC mobil begitu krusial dalam menciptakan udara yang sejuk di dalam kabin mobil.

Freon berperan mengubah udara panas yang diserap evaporator menjadi lebih dingin saat dihembuskan oleh kompresor. Nah, perlu diketahui bahwa sama seperti AC pada umumnya, freon AC mobil juga bisa habis. Saat hal tersebut terjadi, kemungkinan besar AC mobil pun tidak dapat menghasilkan udara yang sejuk.

Kembali pada gas kimia yang terkandung dalam freon. Partikel penting ini dibutuhkan oleh mesin pendingin, namun sebenarnya memiliki efek samping yang cukup mematikan, bahkan bisa mengakibatkan kematian loh.

Kok bisa ?

Para peneliti sudah melakukan berbagai penelitian dan masih belum ditemukan zat pengganti yang lebih aman dari gas freon itu. Karena itu jika kamu sering kali bepergian dan menggunakan AC mobil selama dalam perjalanan, sebaiknya kamu mengecek kondisi AC mobil secara berkala. Agar apabila terjadi kebocoran freon AC bisa segara diatasi, karena akan sangat berbahaya jika kamu dan penumpang menghirupnya.

Saat freon AC mobil bocor, dan kamu tidak sengaja menghirup gas freon secara langsung sebaiknya kamu waspada. Kenapa? Karena dapat menyebabkan beberapa efek buruk seperti, pembengkakan pada saluran pernapasan, kehilangan daya penglihatan, sulit bernafas, mengakibatkan gangguan mata, hidung dan lidah, muntah darah, luka bakar pada kerongkongan, nyeri pada bagian perut, keluar darah saat buang air besar, gangguan peredaran darah dan detak jantung tidak stabil. Wah bahaya bukan?

Ada beberapa fakta yang terjadi, beberapa pengemudi dan penumpang meninggal dunia yang diakibatkan oleh adanya kebocoran pada sistem AC mobil atau terlalu lama menghirup udara AC mobil tanpa menghirup udara segar dari luar. Jika kamu sudah menyadari ada kebocoran freon AC pada mobil kamu, segeralah membuka jendela atau keluar dari mobil. Hal ini dilakukan agar gas Freon yang sudah tersebar di mobil bisa keluar dan tercampur dengan gas alam lainnya.

Ayo, Service Berkala di Dhika AC ! Itulah pentingnya pengecekan dan perawatan pada AC mobil secara berkala. Bukan hanya jika ingin bepergian jauh saja. Namun usahakan untuk tidak lalai dari pengecekan setiap komponen AC mobil, salah satunya freon. Bukan hal yang sulit membuat semua keadaan pada mobil kamu aman. Kamu hanya tinggal membawanya ke bengkel AC mobil di daerah sekitarmu. Nah untuk kamu yang berada di tangerang dan sekitarnya bisa ke Dhika AC. Bengkel AC mobil yang berpengalaman dan tentunya dengan mekanik mekanik yang profesional. Jika kamu terlalu sibuk, kamu bisa menggunakan layanan booking online atau homeservice. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan service AC mobil berkala.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?