Hati hati ! Kenali ciri-ciri magnetic clutch AC mobil rusak

Hati hati ! Kenali ciri-ciri magnetic clutch AC mobil rusak

Mesin merupakan penggerak dari sebuah kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Pada kendaraan roda empat seperti mobil, saat ini hampir semua dilengkapi dengan sistem pendingin kabin atau AC. Nah AC ini sendiri memiliki komponen kelistrikan yang membuatnya berfungsi.

Pada sistem kelistrikan AC mobil terdapat banyak komponen yang berperan penting, salah satunya adalah magnetic clutch. Magnetic clutch merupakan salah satu komponen di kompresor AC yang berbentuk seperti katrol atau puli. Fungsi magnetic clutch sendiri sebagai penghubung kompresor dengan putaran mesin, Selain itu juga berfungsi memutuskan kompresor dengan putaran mesin.

Namun, komponen ini perlu perawatan yang baik karena rentan terhadap kerusakan. Berikut ciri ciri magnetic clutch rusak yang harus kamu tau agar lebih berhati hati.

Hembusan Angin AC Hilang

Ciri-ciri magnet clutch AC mobil rusak adalah hilangnya hembusan angin pada pendingin atau AC mobil baru dingin ketika melaju dalam kecepatan tinggi. Kerusakan ini bisa terlihat pada puli magnetic clutch terbakar karena terjadi slip dan AC mobil bau gosong.

Blower Hidup Tapi AC Panas

Ciri-ciri berikutnya magnet clutch AC mobil rusak dalah ketika blower tetap hidup, namun anehnya AC justru terasa panas. Jika hal seperti ini sudah terjadi, kamu perlu curiga pada magnetic clutch. Kemudian nampak bahwa RPM mesin jadi terlihat lebih tinggi dari normalnya, sekitar antara 1.000-1.500 RPM–layaknya tengah menginjak pedal gas dengan keras. Hanya saja, ketika kamu mematikan AC sebentar, kira kira sekitar 10 sampai 30 menit kemudian menyalkannya kembali. Maka AC bisa kembali dingin dan angin berhembus sejuk.

Keluar Bunyi Mengganggu

AC mengeluarkan bunyi yang mengganggu, bisa jadi ciri ciri magnetic clutch AC mobil rusak. Bahkan sering juga bunyi saat AC dalam keadaan off atau mati. Hal ini terjadi karena putaran pulley bergesekan terus-menerus dengan piringan centerpiece atau pressure plate dalam pendingin kabin mobil.

Panas ketika Macet

Ciri terakhir yaitu jika AC mobil kadang terasa panas dan kadang dingin. Terlebih saat mobil terjebak macet atau AC tidak dingin di siang hari. Hal ini bahkan terjadi berulang. jika kamu tidak segera memeriksanya ke bengkel, mungkin akan lebih sering terjadi. Seperti awalnya hanya sebulan sekali hingga seminggu sekali ciri-ciri magnet clutch AC mobil rusak tersebut muncul. Bila terus diabaikan, bisa semakin parah dan AC mobil kamu akan benar-benar rusak.

Jadi jangan sepelekan jika kamu sudah mendapati ciri ciri seperti diatas ya. Segera bawa ke bengkel AC mobil profesional seperti Dhika AC. Sudah beperngalaman hingga dipercaya ribuan pelanggan. Jadi tunggu apalagi? Booking now !

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?