Ini Dia Cara Menggunakan AC Mobil Agar Hemat Bahan Bakar

Berada di negara dengan iklim tropis, AC mobil memiliki peran vital untuk memberikan rasa nyaman selama berkendara. Namun tak jarang pemilik mobil yang mengeluhkan bahan bakar yang boros akibat dari penggunaan AC mobil. Benarkah AC mobil membuat bahan bakar menjadi boros? Nah kali ini Dhika Autocare akan membahas bagaimana menggunakan AC mobil agar hemat bahan bakar, yuk simak informasinya berikut ini.

Atur Suhu Kabin dengan Tepat

Untuk menghemat bahan bakar, pastikan untuk mengatur suhu ruangan mobil dengan tepat. Jika kamu merasa ruangan mobil terlalu panas, cobalah untuk mengatur suhu ruangan mobil ke suhu yang diinginkan. Hal ini dikarenakan AC harus bekerja keras untuk menyejukkan kabin mobil jika kamu mengatur suhu ruangan mobil terlalu tinggi.

Manfaatkan Udara Luar

Cara lainnya untuk menghemat bahan bakar mobil kamu selama menggunakan AC mobil adalah dengan memanfaatkan udara sekitar atau udara luar. Pemakaian AC yang terlalu sering tentu akan memakan bahan bakar dalam jumlah yang banyak. Kamu bisa memanfaatkan angin yang ada di alam terbuka untuk menyejukkan kabin mobil, sekaligus untuk menghemat pengeluaran. Udara di alam terbuka terasa lebih sejuk dibandingkan AC mobil, terlebih udara pada pagi hari.

Muatan Mobil

Banyaknya muatan didalam mobil akan membuat AC bekerja lebih keras mendinginkan kabin. Sebaiknya jangan membawa penumpang atau muatan yang terlalu banyak, sesuai dengan kapasitas mobil yang sudah ditentukan. Terlalu banyak muatan akan membuat mobil memikul beban yang lebih berat, sehingga kinerja mesinnya pun bertambah dan membutuhkan tenaga bensin yang lebih banyak.

Hindari Menyalakan AC Mobil dalam Waktu Sangat Lama

Lagi lagi hal yang akan membuat mesin mobil cepat panas dan akhirnya membuat bahan bakar menjadi boros adalah menyalakan AC mobil dalam waktu yang sangat lama. AC mobil akan bekerja lebih keras untuk menstabilkan mesin dan bensin yang disedot pun akan semakin banyak. Ada baiknya jika kamu melakukan perjalanan jauh, sesekali matikan AC mobil dan bukalah jendela mobil. Hal tersebut akan mengistirahatkan kinerja AC dan membuat bahan bakar lebih hemat.

Itulah beberapa cara agar bahan bakar tetap hemat meskipun AC mobil menyala. Jangan lupa untuk selalu mengcek keadaan AC mobil dan melakukan perawatan secara berkala ya. Untuk menghindari adanya masalah pada komponen system pendingin kabin yang malah akan mmembuat kantong kamu bolong. Lakukan service berkala AC mobil di bengkel mobil professional Dhika Auotcare yuk ! konsultasikan permasalahan AC mobil kamu gratis !

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?