Fungsi Tombol Pada AC Mobil

Ini dia fungsi tombol pada AC Mobil

Tinggal di negara dengan iklim tropis seperti ini, AC menjadi merupakan suatu kebutuhan pokok. Bukan hanya kalangan muda atau sekarang disebutnya milenial, tapi para kalangan orang tua juga bergantung pada system pendingin yang satu ini. Baik dirumah bahkan di kendaraan mereka tidak akan bisa lepas dengan AC Mobil.

Saat ini sebagian besar kendaraan roda empat sudah dilengkapi dengan fitur pendingin udara atau AC. Mobil baru atau mobil klasik, kamu tidak perlu khawatir akan kepanasan didalamnya. Namun yang perlu kamu tau, system AC Mobil cenderung mudah mengalami masalah. Salah salah AC Mobil kamu bisa tidak dingin lagi.

Terdapat banyak tombol tombol untuk mengoperasikan AC Mobil. untuk mendapatkan performa AC yang optimal dan ideal kamu harus memahami fungsi dari tombol-tombol tersebut. Berikut adalah fungsi dari tombol AC.Tipe AC mobil saat ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu digital dan analog. Tipe digital biasanya menggunakan tombol-tombol sentuh dan dilengkapi panel layar indikator AC, sedangkan tipe analog masih konvensional karena dioperasikan dengan cara diputar dan digeser serta tidak sedetail tipe digital.

Apa kamu sudah tau fungsi dari tombol tombol yang ada pada fitur AC Mobil ? jangan asal pencet, bisa bisa malah rusak loh!  Kalau belum tau, informasi berikut akan sangat bermanfaat untuk kamu.

Tombol A/C

Pertama ada tombol yang bertuliskan A/C. Tombol ini berfungsi untuk menyalakan dan mematikan kompresor AC. Apabila tombol ini menyala maka lampu hijau akan menyala dan mengeluarkan hembusan udara dingin dari kisi-kisi AC mobil. Tapi kalau kompresor AC mati maka yang menyala lampu orannye atau lampu padam, kamu hanya akan merasakan hembusan angin saja tidak terasa dingin.

Tombol ON/OFF

Ada tombol ON/OFF pada fitur pendingin Mobil. Tombol ini biasanya terdapat gambar kipas yang mengartikan bahwa itu adalah blower. Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan kipas blower pada AC mobil kamu. Blower berfungsi untuk menghembuskan dan mengarahkan udara dingin ke dalam kabin.

Tombol Auto

Berikutnya tombol dengan tulisan AUTO, tombol yang sangat membantu kamu untuk menyesuaikan dingin pada kabin mobil. Tombol AUTO bekerja mengatur suhu kendaraan secara otomatis. Apabila suhu dikabin panas maka AC akan meningkatkan kinerjanya untuk mendapatkan suhu yang diinginkan oleh tubuh. Apabila suhu di kabin sudah dingin, maka AC akan mengurangi kinerjanya untuk menjaga suhu dikabin tetap ideal.

Tombol Sirkulasi

Tombol yang satu ini suka bikin penasaran, apa sih fungsinya? fungsinya yaitu mengkondisikan sirkulasi udara hanya berputar didalam kabin saja. Tombol sirkulasi ini ditandai dengan gambar panah melingkar didalam kendaraan. Ketika tombol ini ON maka semua katup dan ventilasi udara luar akan tertutup, sehingga udara luar tidak masuk kedalam kendaraan.

Tombol Fresh Air

Tombol fresh air ditandai dengan gambar panah masuk kedalam mobil. tombol ini berfungsi untuk memasukkan udara luar agar bersirkulasi didalam kabin. Saat tombol ON dinyalakan maka semua katup dan ventilasi udara luar akan terbuka sehingga udara akan bersirkulasi dan masuk kedalam kabin.

Tombol Defroster dan Defogger

Istilah yang satu ini mungkin asing untuk kamu, namun penting kamu tau fungsinya. Defroster salah satu tombol pada AC mobil yang biasanya terdapat tulisan front. Defroster memiliki fungsi menghilangkan kabut atau embun pada kaca depan mobil. Prinsip kerjanya yaitu dengan menghembuskan udara ke kaca depan melalui ventilasi AC. Tombol defroster ini ditandai dengan gambar melengkung dengan 3 buah panah.

Lain halnya dengan defogger atau istilah lainnya Rear adalah tombol yang berfungsi untuk menghilangkan kabut atau embun pada kaca belakang mobil. ditandai dengan gambar persegi panjang dengan 3 buah panah. Cara kerjanya dengan menghembuskan udara panas melalui defogger yang terdapat pada kaca belakang.

Tombol Mode Kontrol

Tombol mode control pada fitur AC Mobil  berfungsi untuk mengatur kemana hembusan udara dingin dari AC. Seperti kamu dapat mengatur hembusannya kearah yang kamu inginkan, kearah wajah atau kaki, arah atas atau bawah. Tombol ini ditunjukkan dengan gambar orang yang sedang duduk dan tanda panah.

Temperatur Kontrol

Tombol terakhir ada tombol temperature kontrol. Apa itu temperature kontrol? Tombol ini biasanya ditunjukkan dengan tanda panah keatas dan kebawah dengan warna merah dan biru. Fungsi tombol ini adalah untuk mengatur suhu AC yang dihembuskan melalui ventilasi. Jika kamu menekan tombol berwarna biru maka temperatur akan menurun, sedangkan jika kamu menekan tombol berwarna merah, maka temperatur akan meningkat.

Itulah beberapa tombol pada fitur AC mobil yang bisa kamu pelajari. Ketika kamu sudah mengetahui dan memahami tombol-tombol pada AC mobil, tentu kamu akan menggunakannya dengan bijak. Jika ada kerusakan pada tombol tombola tau komponen pada system AC lainnya, segera bawa mobil kamu ke bengkel AC Resmi, Profesional dan berpengalaman dibidangnya seperti Dhika AC.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?