Jangan Lewatkan! Berikut Komponen AC Mobil yang Wajib Dirawat

Jangan Lewatkan! Berikut Komponen AC Mobil yang Wajib Dirawat

Sama halnya dengan tubuh manusia, terdapat organ organ yang dapat membuat tubuh dapat bergerak, bernafas dan lainnya. Dalam system pendingin kabin mobil pun terdapat komponen komponen yang menjadi satu saling bekerjasama sehingga dapat mengeluarkan udara sejuk ke seluruh kabin mobil kamu. Diantara komponen komponen tersebut ada beberapa komponen yang sangat vital, perlu perawatan dan pemeriksaan berkala pada komponen tersebut. Jangan sampai kamu lalai sehingga terlewatkan ya, karena hal tersebut bisa saja membuat AC mobil kamu bermasalah. Berikut komponen AC mobil yang wajib dirawat berkala.

Kompresor AC Mobil

Tentu kamu sudah tidak asing dengan komresor. Kompresor AC bisa dikatakan sebagai jantung dari AC. Bagian ini mempromosikan tekanan dari pendingin supaya pendingin bisa berubah dari yang bentuknya gas menjadi cairan. Cairan pendingin akan membuat keseluruhan aliran udara bisa masuk ke dalam kondensor. Sebagai pusat dari sistem AC, kompresor memiliki peranan untuk menghisap gas dan kemudian mengeluarkannya kembali.

Saluran hisap pada kompresor ini terhubung dengan komponen lain, yakni evaporator. Saluran hisap pada kompresor ini bekerja dengan menghirup gas bertekanan rendah. Sementara saluran buangnya terhubung dengan kondensor yang tugasnya membuang gas bertekanan tinggi. Sederhananya begini, kompresor menghirup gas dingin sementara gas panasnya dikeluarkan.

Expansion Valve

Berikutnya ada komponen Expansion valve membantu dalam memperluas tekanan tinggi, dengan mengirimkan cairan pendingin temperatur rendah ke kondensor. Seperti namanya, hal ini akan mengontrol ekspansi dan mengurangi tekanan. Tekanan akan dilepaskan dari pendingin sebelum mengirimkannya ke evaporator.

Evaporator

Komponen evaporator biasanya terletak di belakang saluran udara AC dan terlihat seperti tempat pertukaran udara panas. Bagian ini akan menyerap panas dari mobil dan mengubahnya menjadi cairan pendingin dengan mengubahnya menjadi gas. Kamu bisa menikmati udara dingin lewat kipas yang berada pada bagian kursi penumpang. Memiliki tugas untuk menghilangkan panas dari dalam kendaraan, maka suhu evaporator harus terus terjaga.

Kondensor

Komponen terakhir ada kondensor. Komponen ini memiliki fungsi sebagai pendingin. Cara kerjanya adalah melepas aura panas dari freon kemudian dibantu oleh cooling fan untuk mendinginkan.

Beberapa komponen diatas, semuanya perlu perawatan berkala. Jika salah satu bermasalah maka AC pun akan bermasalah. Baik tidak dingin atau mati. Karena itu kamu perlu membawa mobil ke bengkel AC Dhika Autocare. Disana AC mobil kamu akan dirawat dengan baik, dan dijamin pasti dingin ! Dhika Autocare jga sudah dipercaya banyak pelanggannya loh. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk mempercayakan perawatan AC mobil kamu ke Dhika Autocare.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?