Jenis Kerusakan Kondensor yang Perlu Kamu Tau

Jenis Kerusakan Kondensor yang Perlu Kamu Tau

Dapatkah kamu bayangkan jika satu komponen pada sistem pendingin kabin mobil, memiliki lebih dari satu macam kerusakan? Seperti kondensor, komponen penting pada AC mobil ini berguna untuk menurunkan suhu gas freon dari kompresor. Apabila kondensor kendaraan rusak, maka blower hanya mengeluarkan suhu udara panas. Sebab, suhu freon tidak dapat diturunkan karena gagalnya proses kondensasi di kondensor.

Service berkala memang perlu kamu lakukan, agar komponen komponen pada AC mobil tetap dalam keadaan yang baik. Sebaiknya kamu lebih selektif dalam memilih bengkel mobil. Sebab, masih banyak bengkel yang mencari keuntungan dengan cara membohongi konsumen. Memang sebagai pemilik kendaraan, kamu juga perlu tau dan paham bagaimana keadaan kondensor dan apa saja jenis kerusakan yang bisa terjadi pada komponen satu ini.

Kondensor Bocor

Jenis kerusakan yang pertama dan yang paling sering terjadi adalah kondensor bocor. Kebocoran biasanya terjadi pada bagian pipa sambungan yang menghubungkan kondensor dengan AC mobil. Akibatnya, proses penyaluran udara di dalam AC tidak maksimal sehingga suhu udara yang berembus tidak terasa dingin walaupun AC pada suhu paling dingin.

Kebocoran ini biasanya disebabkan oleh kebiasan buruk Anda dalam berkendara. Seperti sering buka tutup kaca mobil sewaktu AC dinyalakan. Dibukanya kaca mobil otomatis akan membuat polusi udara masuk ke dalam kabin dan diisap oleh AC mobil. Kemudian masuk ke kondensor dan terjadilah penumpukan kotoran yang memicu kebocoran.

Kondensor Panas

Kondensor panas adalah jenis kerusakan berikutnya. Komponen ini memang tidak boleh mencapai suhu tertentu. Akibatnya, kondensor bisa saja rusak permanen. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda tahu penyebab suhu kondensor naik. Umumnya, kenaikan suhu kondensor disebabkan karena extra fan mobil rusak. Selain itu, kadar oli kompresor terlalu banyak juga menyebabkan kondensor kendaraan cepat panas.

Kondensor Tersumbat

Tersumbatnya suatu komponen pada sistem AC mobil, tidak lain dikarenakan oleh debu dan kotoran yang menumpuk. Seperti itulah kerusakan kondensor berikut ini.

Jangan mengira debu yang masuk bukanlah masalah besar karena partikelnya yang sangat kecil. Walaupun partikelnya kecil jika jumlahnya banyak pasti menghambat kinerja dari kondensor itu sendiri.

Jika kondensor AC mobil kamu tersumbat, segera bersihkan. Jangan biarkan debu dan kotoran tersebut menempel terlalu lama. Kamu bisa membawanya ke bengkel AC mobil Dhika Autocare, agar kondensor AC mobil kembali bersih dan tidak tersumbat.

Usia Kondensor Sudah Lama dan berkarat

Setiap komponen memiliki masa habis pakainya masing masing. Tak terkecuali kondensor AC mobil. Kinerja kondensor yang sudah tua jelas berbeda dengan kondensor baru. Selain itu kondensor AC yang terkena banyak kotoran dan menumpuk di dalam AC dapat menyebabkannya berkarat. Proses perkaratan juga semakin cepat akibat adanya tetesan air selama proses pendinginan. Jika ternyata umur kondensor AC mobil kamu sudah tua dan berkarat,sebaiknya segera mengganti kondensor sistem pendingin kabin mobil kamu ya.

Mengatasi kondensor yang bermasalah? Dhika Autocare ahlinya. Semua permasalahan pasti tuntas, karena dikerjakan oleh mekanik profesional dan berpengalaman. Jika kamu mau mengganti kondensor dengan yang baru, Dhika Autocare juga menyediakan suku cadang yang orisinil loh. Urusan AC mobil jadi aman, nyaman dan tentunya #pastidingin Dhika Autocare.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?