Malas ke bengkel, begini cara membersihkan kondensor AC Mobil

Kondensor salah satu komponen yang sangat penting pada AC Mobil. Letak kondensor yang berada persis di depan mobil membuat komponen ini rentan terkena debu dan kotoran yang dapat mengganggu kinerja dan mempengaruhi suhu yang dihasilkan AC.

Cara kerja Kondensor dimulai dengan melepaskan zat gas freon yang akan diubah menjadi cair untuk selanjutnya dialirkan ke bagian expansi valve sehingga suhu yang dihasilkan AC Mobil menjadi dingin.

Karena fungsinya yang begitu vital, komponen ini wajib dibersihkan untuk menjaga sirkulasi udara yang dihasilkan AC tetap dingin dan bersih. Nah, dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara membersihkan kondensor AC Mobil tanpa harus ke bengkel.

Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil, Buat Kamu yang malas Keluar Rumah

Walaupun bisa dilakukan sendiri, membersihkan Kondensor tetap harus memiliki ketelitian yang tinggi, karena salah sedikit saja bisa langsung mempengaruhi kinerja Kondensor atau bahkan membuat komponen tersebut rusak.

Seperti yang disebutkan tadi letak Kondensor yang berada di bagian depan mobil, tentu untuk membersihkannya kamu setidaknya harus memiliki keahlian dalam hal bongkar pasang kap body depan mobil.

Nah, berikut cara membersihkan Kondensor AC Mobil;

Siapkan peralatan

Hal pertama yang harus disiapkan untuk membersihkan kondensor AC Mobil adalah siapkan peralatan kunci atau perkakas mobil seperti kunci inggris, kunci pas, kunci socket dan lain sebagainya. Tak lupa sediakan air bersih, cairan pembersih khusus kondensor dan kain lap tentunya. 

Alat-alat ini nantinya akan mensupport kamu dalam hal bongkar pasang maupun saat membersihkan Kondensor AC Mobil. Catatan, pastikan air yang kamu gunakan tidak keruh dan gunakan kain lap yang belum pernah dipakai sebelumnya.

Pastikan Mesin Mobil Tidak Menyala

Untuk memudahkan pekerjaan kamu, pastikan sebelum memulai pembongkaran matikan mesin mobil terlebih dahulu. Kalaupun ingin melakukan pengecekan suhu lakukan sebelum proses pembongkaran.

Mesin yang menyala selain mengganggu pekerjaan karena suara yang berisik, temperatur di ruang mesin juga relatif lebih panas yang bisa membuat kulit terbakar jika menyentuh salah satu komponen mesin tersebut.

Lakukan Pembongkaran

Jika peralatan sudah tersedia dengan lengkap, selanjutnya buka bagian depan mobil menggunakan kunci yang sudah kamu siapkan sebelumnya, lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak kap depan mobil.

Jika kap sudah terbongkar, cari dimana letak kondensor untuk selanjutnya dibuka, biasanya komponen ini berada persis di depan radiator mobil. Catatan, untuk membuka kondensor AC Mobil kamu tidak boleh terburu-buru.

Bahan material kondensor yang tidak terlalu keras, membuat komponen ini rentan mengalami kerusakan jika terkena benda tajam atau jatuh. Kondensor yang sudah retak tidak akan bisa lagi diperbaiki wajib diganti dengan unit baru, agar proses pengubahan suhu panas menjadi dingin tetap berjalan dengan sempurna.

Semprot Kondensor Menggunakan Air Bersih

Setelah kondensor berhasil dibuka, sebelum dibersihkan letakkan kondensor ke tempat yang bebas dari kotoran, atau gunakan media pembantu seperti alas. Hal ini bertujuan untuk mencegah benda-benda tajam yang dapat merusak kondensor.

Pembersihan kondensor lebih efisien jika proses penyemprotan air yang kamu lakukan menggunakan mesin semprot air. Kenapa, karena volume air menggunakan semprot air lebih cepat untuk membersihkan kotoran yang membandel.

Namun, perlu diingat tekanan air yang digunakan untuk menyemprot kondensor pastikan jangan terlalu kuat, karena bisa merusak kisi-kisi kondensor. Oh iya, jika kamu tidak memiliki pompa air gak masalah juga kalau hanya disiram saja, yang terpenting semua kotoran bersih, meskipun prosesnya lebih lama.

Gunakan cairan pembersih AC Mobil

Agar proses pembersihan kondensor AC Mobil kamu lebih maksimal, gunakan cairan khusus pembersih AC Mobil yang ampuh melunturkan kerak dan noda membandel. Produk ini bisa kamu dapatkan di bengkel spesialis AC Mobil seperti Dhika Autocare.

Untuk cara mengaplikasikannya, kocok kaleng cairan pembersih terlebih dahulu agar kandungan yang ada di dalam tercampur dengan rata. Kemudian semprotkan pada kisi-kisi kondensor, oh iya selain bisa digunakan untuk kondensor cairan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan evaporator.

Lap dan Keringkan Kondensor

Setelah proses pembersihan kondensor sudah selesai dilakukan, lap seluruh bagian kondensor menggunakan kain bersih atau kanebo yang bisa menghisap kandungan air. Kemudian keringkan beberapa saat, agar kandungan air yang ada di dalam kondensor benar-benar kering.

Karena biasanya benda yang terbuat dari logam atau sejenisnya akan cepat berkarat jika ada kandungan air yang tidak dikeringkan, sehingga lambat laun komponen tersebut akan mengalami korosi yang menyebabkan kondensor AC Mobil kamu cepat rusak.

Pasang kembali kondensor dan kap bagian depan mobil.

Kondensor yang sudah bersih dan kering sudah bisa dipasang kembali, caranya cukup mudah sama seperti pada saat kamu membuka kondensor. Lakuan dengan hati-hati jangan sampai ada yang tergores, kemudian pasang kembali kap bagian depan mobil dengan rapi, pastikan semua kuncian tidak ada yang longgar untuk menjaga kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan Kondensor yang bisa kamu lakukan dirumah. Namun, saran kami agar proses pembersihan lebih maksimal sebaiknya pembersihan Kondensor jangan dilakukan sendiri melainkan dilakukan di bengkel spesialis AC Mobil saja.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh saat melakukan pembersihan kondensor di bengkel spesialis AC Mobil, pertama resiko kerusakan Kondensor lebih minim karena ditangani oleh mekanik yang sudah ahli.  Selain itu, peralatan yang digunakan untuk proses pembersihan kondensor di bengkel juga lebih lengkap dan modern tentu saja hasilnya juga jauh lebih maksimal ketimbang dilakukan dengan sendiri. 

Pihak bengkel juga memberikan garansi untuk kamu apabila ada kerusakan atau gangguan setelah proses pembersihan kondensor dilakukan, berbeda jika dilakukan dengan sendiri semua kerusakan akan kamu tanggung sendiri.

Cara Kerja dan Fungsi Kondensor AC Mobil

Setelah mengetahui cara membersihkan Kondensor AC Mobil, selanjutnya kami akan memberitahukan apa sih fungsi Kondensor AC Mobil dan bagaimana cara kerjanya? Nah, simak artikel ini sampai habis untuk menambah wawasan kamu seputar AC Mobil.

Penukar Panas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Kondensor berfungsi untuk menukar suhu panas menjadi dingin yang selanjutnya akan dihembuskan melalui kisi-kisi AC Mobil. 

Mengubah Gas Menjadi Cair

Gas freon juga akan diubah menjadi cairan yang lebih dingin. Pada saat mobil bergerak udara bisa diserap dan diproses kembali agar AC menjadi lebih dingin.

Terakhir Kondensor juga mengeluarkan hawa panas, pembuangan ini terjadi pada saat proses perubahan freon dari wujud gas hingga menjadi cair. 

Cara Kerja Kondensor AC Mobil

Cara kerja kondensor dimulai pada saat kondensor mengubah freon bertekanan tinggi menjadi lebih dingin. Ketika suhu panas freon sudah diserap, freon akan berubah menjadi cair. Kemudian cairan freon yang sudah dingin tersebut akan dihembuskan melalui sirip-sirip AC. Proses ini terjadi berulang selama AC dinyalakan.

Itulah sedikit penjelasan tentang fungsi dan cara kerja Kondensor AC Mobil semoga bermanfaat untuk investor semua. Oh iya untuk menunjang kinerja AC Mobil, jangan lupa untuk melakukan perawatan berkala.

Dhika Autocare menyediakan layanan perawatan AC Mobil untuk semua jenis dan merek. Di Dhika Autocare nantinya AC Mobil kamu akan di maintenance menggunakan peralatan yang sudah canggih serta mekanik yang sudah berpengalaman.

Soal biaya jangan khawatir, Dhika Autocare memberikan biaya yang sangat  transparan dan terjangkau untuk semua pelanggan, dan dapatkan promo terbaik dari Dhika Autocare.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?