Ekspansion valve

Mengenal Ekspansion valve pada AC Mobil

Pernah mendengar Ekspansion Valve pada AC Mobil? Ya, komponen yang satu ini bekerja penting pada system pendingin mobil. Yuk mengenal lebih banyak tentang ekspansion Valve.

Fungsi Ekspansion valve AC Mobil?

Tinggal di negara tropis seperti indonesia membuat kamu para pemilik mobil sangat bergantung pada system pendingin mobil atau AC. Saat ini mobil jenis apapun sudah dilengkapi dengan fitur tersebut, sehingga membuat kamu nyaman dalam berkendara meskipun dalam keadaan macet.

Sistem AC mobil memiliki banyak komponen penting, salah satunya ekspansion valve atau katup ekspansi. Mungkin kamu agak asing dengan istilah yang satu ini. Ekspansion valve mempunyai peranan penting untuk membantu kinerja AC dalam membuat udara pada mobil menjadi dingin, yaitu dengan cara menurunkan tekanan freon.

Katup ekspansi jika berdasarkan sirkulasi refrigeran berada setelah receiver atau dryer dan sebelum evaporator. Freon akan melewati katup ekspansi ini terlebih dahulu baru kemudian menuju evaporator. Katup ekspansi merupakan sebuah komponen pada AC mobil yang memiliki fungsi mengubah freon dari cair menjadi gas. Pada proses ini tekanan cairan yang tinggi akan diturunkan dari ekspansi. Selain itu katup ekspansi juga memiliki beberapa fungsi lainnya seperti dibawah ini.

Mendinginkan Suhu Freon

Fungsi pertama akspansion valve adalah mendinginkan suhu freon. Komponen ini akan membuat freon mengalami penurunan suhu, sehingga bisa disalurkan dan menyebar dan akan membuat udara di kabin mobil kamu terasa sejuk. Proses pendinginan freon pada AC mobil tergantung pada cara kerja dari katup ekspansi ini itu sendiri.

Mengatur Freon yang masuk ke Evaporator

Katup ekspansi memiliki fungsi yang penting pada AC mobil, seperti mengatur seberapa banyak freon yang akan disalurkan menuju Evaporator. Jumlah freon yang akan disalurkan ke evaporator ini akan disesuaikan dengan beban pendinginan AC. Apabila sensor panas ini derajatnya semakin tinggi, maka freon yang harus disalurkan oleh katup ekspansi ini harus semakin banyak jumlahnya.

Menurunkan Tekanan Freon

Menurunkan tekanan freon juga menjadi fungsi akspansion valve. Pada awalnya proses produksi freon berasal dari kompresor. Selanjutnya, komponen katup ekspansi ini bertugas untuk membantu dalam mengabutkan freon agar tekanannya menurun. Tujuan tekanan pengabutan tekanan freon pada katup ekaspansi adalah membuat proses pendinginan yang akan dilakukan di evaporator menjadi lebih efektif. Selanjutnya, AC mobil bisa menghasilkan udara dingin sesuai permintaan dan menyalurkannya ke dalam ruangan.

Jenis Jenis Ekspansion Valve

Ekspansion valve juga memiliki jenis yang berbeda, ada yang kotak atau persegi, dan berbentuk pipa kapiler. Biasanya kendaraan modern saat ini menggunakan jenis ekspansion valve kotak. Katup ekspansi tipe kotak menggunakan sensor suhu dan tekanan dalam mengatur banyak sedikitnya refrigerant atau freon yang mengalir dari katup ekspansi menuju evaporator.

Lain halnya dengan ekspansion valve jenis Pipa Kapiler, Merupakan salah satu jenis katup ekspansi yang mana terdapat heat sensing tube untuk mengukur suhu atau temperatur freon yang keluar dari evaporator. Cara kerjanya yaitu panas yang diterima oleh heat sensing tube akan digunakan untuk mengatur banyak sedikitnya freon yang disalurkan oleh katup ekspansi menuju ke evaporator. 

Ciri ciri Kerusakan Ekspansion valve

Banyak pemilik yang kurang bisa menjaga kondisi AC nya tetap baik. Hal ini membuat komponen Ekspansion valve rawan mengalami kerusakan. Setiap komponen pasti memiliki ciri ciri kerusakannya, ekspansion valve juga memiliki ciri khusus yang menunjukan bahwa komponen ini rusak.

Saat komponen satu ini rusak, kompresor AC tidak bisa memutarkan refrigerant secara sempurna. Solusi terbaik yaitu sebaiknya kamu segera melakukan perbaikan atau menggantinya apabila kerusakannya sudah termasuk parah.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?