Mengenal-Komponen-Pada-AC-Mobil

Mengenal Komponen Pada AC Mobil

Memiliki kendaraan pribadi memang menyenangkan, kamu bisa bepergian kemana pun kamu mau. Terutama saat kamu pergi beraktivitas menggunakan mobil, disaat cuaca panas atau hujan kamu akan tetap nyaman di dalam mobil. Ditambah lagi saat ini mobil sudah semakin canggih, baik mesin atau komponen lain didalamnya, salah satunya AC Mobil.

AC Mobil membuat kamu semakin nyaman untuk berkendara, meskipun jarak tempuh yang jauh. Dalam sistem kerja AC Mobil, setidaknya ada dua bagian krusial yang akan bisa membuat AC bekerja secara normal. Dua bagian tersebut tentu saja komponen AC Mobil itu sendiri dan juga komponen elektrikal yang terhubung ke sistem AC Mobil tersebut.

Tapi sebagai pengendara mobil kamu bukan hanya mengendarainya saja, tapi perawatannya pun perlu kamu ketahui dan kamu lakukan dengan rutin. Apalagi perawatan pada sistem ac mobil. kamu sudah kenal belum sih sama komponen komponen yang ada di AC Mobil itu? Sudah tau belum apa saja fungsi komponen tersebut? Nah berikut beberapa komponen komponen AC Mobil dan fungsinya, silahkan disimak.

Kompresor AC Mobil

Pernah dengar istilah kompresor? Ya seperti AC umumnya, pada sistem AC Mobil juga ada komponen yang bernama kompresor AC Mobil. Berfungsi untuk memompa aliran freon agar freon tersebut mampu bersirkulasi ke semua komponen AC Mobil.

Bukan hanya itu saja, komponen ini juga difungsikan untuk menekan freon agar molekul freon lebih rapat. Hasilnya tekanan freon pun akan jauh lebih besar dari selang input kompresor. Sehingga proses ekspansi bisa berjalan dengan lebih sempurna. Hal ini ditujukan agar proses ekspansi dapat berjalan dengan mulus. 

Kondensor AC Mobil

Komponen yang tidak kalah penting yaitu kondensor AC Mobil. Kondensor ini memiliki fungsi memindahkan panas dari dalam freon ke udara luar. Dimana untuk melepaskan panas ke udara dengan semaksimal mungkin, freon tentunya harus melewati beberapa core seperti halnya sistem kerja radiator. Dimana di sela-sela core tersebut ada rongga yang akan bisa membuat udara yang melewatinya akan membawa suhu panas tersebut.

Evaporator AC Mobil

Masih berkaitan dengan komponen AC Mobil, berikutnya ada evaporator. Ketika freon sudah berhasil masuk ke Evaporator, Maka freon tersebut akan di dinginkan. Selanjutnya dialirkan ke dalam ruang kabin. Dengan begitu udara sejuk dan segar di dalam kabin pun akan lebih terasa.

Pada dasarnya Evaporator atau filter AC Mobil sendiri memiliki prinsip kerja yang hampir sama dengan Kondensor AC. Yang dimana suhu dingin dari freon akan disalurkan lagi ke dalam core yang juga memiliki beberapa sirip-sirip konduktor

Pressure Regulating Device 

Komponen AC Mobil yang satu ini berfungsi untuk mengontrol suhu evaporator. Dapat dilakukan jika tekanan refrigeran juga bisa dikendalikan dan mengalir ke evaporator yang bekerja untuk menyerap panas.

Blower AC Mobil

Komponen berikutnya yang juga sudah tidak asing, yaitu blower. Kamu pasti sering bukan mendengar istilah ini. Blower memiliki fungsi utama untuk menghembuskan udara melewati Evaporator. Dan pada sistem kerja AC Mobil, Blower ini juga yang akan menjadi ventilator dari sistem ventilasi mobil.

Freon/Refrigerant AC Mobil

Nah komponen AC Mobil yang terakhir adalah Freon yang bertugas sebagai refrigerant. Freon sendiri merupakan gas khusus yang memiliki suhu normal dingin. Bahkan suhu freon sebelum didinginkan saja bisa mencapai 0 derajat celcius.

Selain itu penggunaan freon juga lebih dikarenakan komponen ini mampu menahan radiasi panas yang lebih baik.

Magnetic Clutch

Selanjutnya ada magnetic clutch. Fungsi magnetic clutch adalah untuk mengatur kapan waktu kompresor bekerja, meskipun pulley mesin tetap berputar. Saat kompresor bekerja, maka tekanan freon yang keluar dari kompresor terus meningkat.

Apalagi ketika mesin digas, maka penambahan tekanan freon menjadi lebih cepat. Tentunya akan ada resiko kalau kompresor terus bekerja. Oleh karena itu saat tekanan freon mencapai titik maksimum, magnetic clutch akan memutuskan hubungan antara pulley kompresor dengan poros kompresor.

Expansion Valve

Expansion valve, mungkin orang yang awam sangat asing dengan nama komponen yang satu ini. Expansion valve nantinya akan bertugas untuk mengubah freon yang memiliki bentuk cair agar lebih ke bentuk gas dengan melalui proses spraying.

Tujuan utama digunakannya proses spraying pada komponen AC Mobil yang satu ini tentunya untuk membuat suhu freon bisa semakin dingin sebelum freon tersebut masuk ke Evaporator.

Jika mau sudah mengetahui beberapa komponen yang ada pada AC Mobil, tentunya akan mudah untuk kamu saat melakukan perawatan atau jika terjadi kerusakan. Dengan mempelajari hal tersebut kamu juga akan terhindar dari teknisi teknisi yang nakal saat kamu Pergi ke bengkel AC Mobil, pilihlah bengkel AC Mobil yang profesional dan terpercaya agar AC Mobil kamu tetap terawat dengan baik dan tentunya #pastidingin. Semoga bermanfaat

.

Di DHika AC kamu bisa lakukan #PerawatanACMobil secara berkala dengan harga terjangkau, silahkan datang ke Workshop kita, untuk pengecekan kita kasi GRATIS. 

Kalau kebetulan kamu lagi sibuk atau males keluar rumah bisa pake layanan #HomeService Dhika AC aja, ASYIK kan!

Untuk reservasi / konsultasi tentang #PerawatanACMobil, silahkan call/wa melalui 0856-7775-978 atau kunjungi halaman kontak di website ini.

Alamat Workshop:

📍 DHIKA AC CIPONDOH : Jl. H. Mansyur, Gondrong, Kota Tangerang

📍 DHIKA AC SEPATAN : Jl. Raya Gatot Soebroto No.66, Tanah Merah, Sepatan, Tangerang

Website : https://dhikaacmobil.id

Instagram : https://www.instagram.com/dhika_acmobil/

Facebook : https://www.facebook.com/dhikaacmobil

Tiktok : https://www.tiktok.com/@dhika_acmobil

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?