Merawat AC Mobil, Menjaga Kesehatan Keluarga

Merawat AC Mobil, Menjaga Kesehatan Keluarga

Bicara soal keluarga, kesehatan mereka tentu menjadi hal paling penting bagi semua orang. Moment moment yang menyenangkan bersama keluarga tentu sangat berarti seperti berkendara bersama, bepergian jauh untuk belibur. Karena itu penting untuk kamu merawat AC mobil tetap baik agar udara yang dikeluarkan sehat dan tidak mengganggu kesehatan kamu dan keluarga.

Perawatan berkala pada sistem pendingin kabin memang sangat penting. Jika dipikirkan mungkin terasa berat, namun kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari service berkala tersebut, baik untuk mobil atau diri dan keluarga kamu. Lalu perawatan seperti apa yang perlu dilakukan? Yuk simak informasi berikut ini

Ganti filter kabin secara berkala

Filter menjadi komponen penting pada sistem AC mobil. Setiap 6 bulan atau setelah 10.000 km, kamu harus mengganti filter kabin AC untuk menjaga supaya hembusan anginnya tetap bersih. Blower yang berperan untuk menghembuskan angin tersebut, bisa menyedot segala macam partikel kecil seperti debu, abu rokok, serangga, remah-remah makanan, dan polusi dari luar bisa masuk via blower. Udara yang dihembuskan ke dalam kabin pun akan ikut kotor, dan AC pun menjadi tak dingin.

Jaga kebersihan kabin mobil

Bukan hanya pada komponen dalam AC moibl, tapi kabin juga perlu mendapatkan perawatan. Kabin mobil merupakan salah satu tempat penting yang harus dibersihkan dari debu dan kotoran-kotoran lainnya, terutama di bagian jok dan di karpet dasar. Vakumlah secara teratur.

Menjaga Kebersihan kondensor AC

Kondensor berfungsi untuk melepaskan panas yang berada pada sistem. Kamu  bisa membersihkannya sendiri, tapi sebaiknya bawalah ke bengkel spesialis untuk AC mobil seperti Dhika AC di Tangerang yang menyediakan layanan pembersihan kondensor AC.

Membersihkan Evaporator

Berikutnya rawatlah evaporator. Blower menghembuskan udara menuju evaporator, di mana semua panas dari udara luar akan diserap. Sedikit demi sedikit, debu dan kotoran dari udara luar akan menumpuk pada permukaan atau di dalam kisi-kisi evaporator itu sendiri. Tak hanya kotoran, jamur pun bisa tumbuh di dalamnya, dan menjadi tempat untuk bersarang bagi hewan kecil. Selain itu, evaporator bisa bocor dan menjadikan AC tak dingin lagi.

Perlu kamu tau dan catat, bahwa AC yang dingin belum tentu sehat dan bersih. Namun AC yang bersih dari segala debu dan dirawat dengan baik pasti akan dingin. Sehingga AC pada mobil tidak menyebabkan kamu dan keluarga menjadi sakit. Memastikan AC mobil baik dan sehat, tidak bisa ditangani sendiri. Kamu perlu bengkel AC profesional seperti Dhika AC untuk merawat AC mobil kamu. Perawatan yang dilakukan oleh teknisi profesional dan mudah diakses. Kamu bisa gunakan layanan home service atau booking online. Mudah bukan?

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?