Penyebab dan cara mengatasi air AC Mobil menetes di kabin mobil

Pernah gak saat berkendara tiba-tiba ada tetesan air yang muncul pada ruang kabin mobil yang  sangat mengganggu perjalanan kamu. Nah, setelah banyak kasus yang kami temui seperti ini ternyata munculnya tetesan air pada kabin bukan karena ada kebocoran pada atap mobil melainkan karena ada beberapa komponen AC Mobil yang bermasalah.

Seperti yang diperhatikan suhu dingin yang dihasilkan oleh AC terbentuk dari proses kondensasi gas freon. Nah, ketika proses kondensasi gagal tentu dapat menyebabkan pembekuan pada beberapa komponen yang berpapasan langsung dengan freon, seperti evaporator, kondensor, maupun saluran freon. Untuk info lengkapnya berikut 6 penyebab Air AC Mobil menetes di kabin mobil dan cara mengatasinya.

Penyebab Air AC Mobil Menetes

Saluran Freon terjepit

Selang yang terjepit terlalu lama dapat menyebabkan freon tersumbat, jika tidak segera diperbaiki freon akan menekan sumbatan yang mengakibatkan pada kebocoran selang.

Nah, jika saluran freon masih bisa dipakai kamu cukup mengendorkan penjepit karet selang agar freon tersalurkan dengan baik, sebaliknya jika saluran freon sudah bocor tips memperbaikinya adalah dengan mengganti saluran dengan selang yang baru.

Selang Pembuangan AC tersumbat

Salah satu penyebab utama munculnya tetesan air AC di dalam kabin mobil adalah karena saluran drain house tersumbat sehingga menyebabkan kebocoran. Drain house sendiri merupakan saluran pembuangan air dari evaporator ke luar kabin.

Penyumbatan ini terjadi karena banyak kotoran yang masuk kedalam saluran pembuangan yang sudah menumpuk, untuk mengatasinya kamu harus rutin melakukan perawatan AC Mobil sehingga semua kotoran maupun debu yang berpotensi masuk kedalam sistem AC dapat dicegah.

Sambungan Selang Pembuangan AC lepas

Selang pembuangan AC yang kurang kunci sewaktu-waktu dapat terjatuh sehingga mengakibatkan air AC menetes ke dalam kabin mobil. Untuk mengatasinya cukup mudah kencangkan atau pasang sambungan selang kembali. Perlu ada sedikit usaha untuk memperbaiki posisi selang yang lepas karena posisinya berada di bawah dashboard.

Menggunakan AC terus menerus

AC menjadi komponen yang selalu dinyalakan pada saat berkendara, dan hampir semua jenis mobil juga sudah dilengkapi dengan AC. Namun, ternyata menggunakan AC terus menerus dapat memicu pengembunan pada kisi-kisi AC yang dapat berubah menjadi cair.

Nah, agar tidak terjadi pengembunan, ketika kamu sedang melakukan perjalanan yang cukup jauh usahakan untuk mematikan AC selama 30 menit dengan rentan waktu perjalanan 3 sampai 4 jam.

Jarang melakukan perawatan

Terakhir, kenapa tetesan air AC muncul pada kabin karena jarang melakukan perawatan sehingga mengakibatkan banyak permasalahan pada sistem AC. Salah satunya adalah adanya pembekuan sehingga muncul bunga es pada saluran pipa AC.

Munculnya bunga es ini lambat laun akan terus menumpuk yang dapat menghambat saluran air untuk dibuang keluar. Kondisi ini tentu saja menyebabkan air mengalir keluar dari box evaporator kemudian menetes ke kabin mobil. 

Nah, itulah kenapa perawatan AC Mobil secara berkala penting untuk dilakukan, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, seperti menjaga performa AC tetap optimal, mencegah dan mendeteksi kerusakan kecil agar langsung diperbaiki, menjaga suhu yang dihasilkan AC tetap dingin serta bersih dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang mengalami kondisi seperti ini, segera lakukan pengecekan dan perbaikan ke bengkel spesialis AC Mobil seperti Dhika Autocare solusi terbaik untuk semua kebutuhan AC Mobil.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?