Cek Penyebab Kompresor AC Mobil kamu berisik dan Cara Mengatasinya!

Jika kamu pernah mendengar suara kasar di sekitar ruang mesin, bisa jadi kompresor AC Mobil kamu sedang bermasalah. Suaranya bisa sampai ke dalam ruang kabin yang sangat mengganggu kenyamanan pengendara. Kompresor AC Mobil sendiri berfungsi untuk mengkompresikan refrigeran (zat pendingin) yang ada didalam sistem pendinginan udara AC mobil. Kompresor AC mobil juga  bertugas untuk menjaga aliran refrigeran dan meningkatkan tekanan serta suhunya.

Sistem kerja kompresor AC Mobil sangat bergantung pada putaran yang dihasilkan oleh fan belt mesin. Kompresor AC Mobil yang bermasalah atau rusak bisa mempengaruhi suhu yang dihasilkan AC menjadi tidak dingin. Salah satu permasalahan yang sering dirasakan oleh pemilik mobil adalah munculnya suara kasar pada kompresor AC Mobil. Nah, berikut akan kita bahas penyebab dan cara mengatasi kompresor AC Mobil yang berisik.

Penyebab Kompresor AC Mobil Berisik

Ketika kompresor AC mobil menghasilkan suara kasar, hal ini bisa menjadi pertanda jika ada masalah pada kompresor atau sistem pendinginan AC mobil. Beberapa penyebab suara kasar pada kompresor AC mobil adalah sebagai berikut.

Oli Kompresor Habis

Seperti halnya pada komponen mobil dengan sistem kerja bergerak, tentu membutuhkan pelumas agar mudah aus. Nah sama halnya dengan kompresor, oli kompresor AC juga sangat penting untuk menjaga kinerja kompresor agar tidak mudah aus.

 Jika oli kompresor bocor atau habis,  gesekan yang dihasilkan kompresor bisa menghasilkan suara kasar juga mempengaruhi suhu yang dihasilkan AC menjadi tidak dingin.

Gangguan pada bearing kompresor

Kompresor AC dilengkapi dengan bantalan yang membantu putaran kompresor agar lancar. Jika bantalan mengalami kerusakan, misalnya aus atau rusak, hal ini dapat menyebabkan suara kasar saat kompresor berputar.

Salah satu penyebab bearing AC rusak karena jarang atau bahkan tidak pernah mengganti oli kompresor. Untuk mengatasi permasalahan ini satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti bearing yang rusak.

Masalah pada kopling magnetik

Kompresor AC mobil juga dilengkapi dengan kopling magnetik yang menghubungkan kompresor dengan sabuk penggerak atau fan belt. Di samping itu, komponen magnetic clutch juga bertanggung jawab untuk memutuskan kompresor dengan putaran mesin yang terhubung melalui fan belt tersebut.

Jika kopling magnetik mengalami masalah, misalnya aus atau bermasalah dalam kaitannya dengan sabuk penggerak, hal ini dapat menyebabkan suara kasar. 

Kompresor AC Mobil Kotor

Ada beberapa penyebab utama kenapa kompresor AC Mobil bisa kotor. Misalnya karena faktor lingkungan, adanya kebocoran pada kompresor, kurang perawatan dan masih banyak lagi.

Jika ada kontaminan seperti kotoran, serpihan, atau kerak yang masuk ke dalam sistem pendinginan AC, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor dan menyebabkan suara kasar. Kontaminan tersebut dapat mengganggu perputaran kompresor dan menyebabkan gesekan yang tidak normal.

Kerusakan pada komponen internal

Ada kemungkinan bahwa komponen internal kompresor AC, seperti katup atau piston, mengalami kerusakan atau keausan. Hal ini dapat menyebabkan suara kasar saat kompresor beroperasi. 

Katup ekspansi AC sendiri berfungsi untuk mengubah freon cair bertekanan tinggi menjadi bentuk kabut dengan suhu rendah, sebelum dihembuskan keluar melalui blower. Sementara Piston Kompresor bekerja sebagai bagian dari mekanisme kompresor yang memampatkan refrigerant menjadi gas bertekanan tinggi.

Bagaimana Cara Mengatasi Kompresor AC Mobil yang Berisik?

Mengatasi kompresor AC mobil yang bersuara kasar bisa kamu lakukan dengan beberapa langkah berikut. Namun sebelum melakukan perbaikan, penting untuk diingat bahwa perbaikan pada kompresor AC mobil sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang sudah berpengalaman untuk menangani permasalahan AC Mobil.

Periksa Oli Kompresor AC Mobil

Pastikan oli kompresor yang digunakan masih layak pakai dan tidak habis. Jika terlalu rendah, tambahkan minyak yang direkomendasikan oleh produsen. Oli kompresor yang habis atau berkurang dapat menyebabkan gesekan yang bisa menghasilkan suara kasar.

Periksa kopling magnetik

Kopling magnetik adalah komponen yang menghubungkan kompresor dengan sabuk penggerak mesin. Periksa kondisi kopling magnetik untuk memastikan tidak ada kerusakan atau aus yang menyebabkan suara kasar. Jika diperlukan, lakukan penggantian kopling magnetik.

Cek dan ganti Bearing Kompresor

Bearing yang aus atau rusak pada kompresor dapat menyebabkan suara kasar. Periksa kondisi bearing dan lakukan penggantian jika diperlukan. Pastikan menggunakan bearing yang sesuai dengan spesifikasi kompresor.

Pembersihan dan perawatan rutin

Lakukan pembersihan dan perawatan rutin pada kompresor AC mobil untuk menghilangkan kotoran dan debu yang dapat menyebabkan suara kasar. Membersihkan permukaan kompresor secara hati-hati dengan menghindari kontak langsung dengan komponen internalnya.

Perbaikan atau penggantian kompresor

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, mungkin kamu perlu melakukan perbaikan atau penggantian unit kompresor AC yang baru. Hal ini bisa saja dipengaruhi oleh faktor usia pemakaian yang sudah relatif lama. Meskipun sudah diperbaiki atau dirawat kompresor yang sudah lama tentu tidak akan bisa bekerja secara optimal seperti semua.

Oh iya buat yang ingin melakukan perawatan AC Mobil dengan hasil yang memuaskan dan terjangkau, kamu bisa datang ke Dhika Autocare. Ada banyak layanan yang bisa kami support untuk memenuhi kebutuhan AC Mobil kamu. Yuk, konsultasikan sekarang juga!

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?