Penyebab Kompresor AC Mobil Macet yang Perlu Kamu Tau-Dhika Autocare

Penyebab Kompresor AC Mobil Macet yang Perlu Kamu Tau

Bagi kamu yang baru memiliki kendaraan mungkin kaget saat pertama mendapati masalah pada mesin atau sistem pendignin kabin mobil kamu. Sebagai pemiliki kendaraan yang bijak, memiliki kendaraan saja tidak cukup kamu perlu melakukan service berkala pada komponen di mobil kamu. Salah satunya pada AC mobil yang juga memiliki peran penting memberikan kenyamanan saat berkendara.

Masalah trouble pada sistem AC mobil yang paling sering  dijumpai adalah gangguan pada unit kompresor AC yang tidak mau berputar pada saat switch AC di ON-kan. Jika kompresor AC tidak mau berputar maka freon AC tidak dapat bersirkulasi dalam sistem AC dan akhirnya AC Mobil tidak dingin. Namun apa penyebab kompresor AC mobil bisa macet? Simak ulasannya berikut ini

Sensor Tekanan AC Bermasalah

Penyebab pertama adalah sensor tekanan AC mobil kamu yang bermasalah. Sensor tekanan freon AC terletak pada bagian selang high pressure. Peran dari komponen tersebut untuk menandakan kapan magnetic clutch ON dan OFF.

Kerusakan pada sensor juga bisa menjadi penyebab kompresor AC mobil macet. Jika kamu mengalami masalah seperti ini, biasanya akan muncul pertanda cek engine pada dashboard. Kamu bisa pergi ke bengkel AC mobil untuk mengganti sensor agar kompresor dapat berfungsi kembali.

Magnetic Clutch AC Mobil Rusak

Magnetic clutch rusak menjadi salah satu penyebab kompresor AC mobil menjadi macet. Komponen ini adalah elektrikal yang memiliki risiko kerusakan cukup besar. Jika kamu ingin memastikan kondisinya rusak atau tidak, bisa mengeceknya menggunakan multimeter. Kamu juga bisa cek dengan arus input ke magnetic clutch. Jika terdapat arus maka rangkaian baik-baik saja, namun magnetic clutchnya mengalami kerusakan. Segera lakukan pergantian komponen agar kerusakan tidak semakin parah.

Kurangnya Freon

Jika kamu temukan lubang atau retakan pada selang freon, sebaiknya jangan di sepelekan. Lama-kelamaan bisa menimbulkan kebocoran. Setelah itu, freon akan bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan pada bagian kabin mobil. Jika tidak segera diatasi masalah ini akan mengakibatkan kompresor semakin buruk.

Fan Melemah

Saat fan AC mati atau melemah mengakibatkan tekanan freon meningkat.Akhirnya terjadi overheat yang mengakibatkan kompresor memiliki panas berlebih. Jika sudah terjadi seperti ini bisa-bisa kompresor macet, bocor atau memiliki bunyi yang kasar.

Itulah beberapa penyebab yang dapat membuat kompresor AC mobil kamu macet. Jangan lupa untuk selalu lakukan service berkala pada komponen AC mobil kamu. Percayakan perawatan AC mobil kamu pada Dhika Autocare. Bengkel mobil yang berpengalaman dan dihandle oleh mekanik profesional.

Buat kamu yang gak mau repot ke bengkel, yuk gunakan layanan Home Service dari Dhika Autocare. AC mobil kamu #pastidingin.

×

Hallo!

Apakah Anda Sedang Mencari Bengkel Specialis AC Mobil Yang Bergaransi & Berkualitas? Silahkan Konsultasikan Kebutuhan Anda Dengan Kami. GRATIS!

× Ada yang bisa kami bantu?